Article-Diabetes

Waspada ! Kurang Tidur Satu Malam Saja Dapat Meningkatkan Resiko Diabetes

Menurut sebuah studi baru yang diterima untuk dpublikasikan dalam The Endocrine Society Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism ( JCEM ), hanya kurang tidur selama satu malam saja  dapat menyebabkan resistensi insulin, yang merupakan komponen diabetes tipe 2.

” Dalam masyarakat Barat, durasi tidur telah semakin selama tahun-tahun terakhir ini, dan secara bersamaan , telah terjadi peningkatan prevalensi resistensi insulin dan diabetes tipe 2 , ” kata Esther Donga , MD dari Medical Center Universitas Leiden di Belanda dan penulis utama penelitian : “The co-occurring rises in shortened sleep and diabetes prevalence may not be a coincidence. Our findings show a short night of sleep has more profound effects on metabolic regulation than previously appreciated ( Terjadinya peningkatan dalam durasi tidur yang semakin singkat,dan prevalensinya terhadap diabetes mungkin bukan kebetulan. Penelitian kami menemukan bahwa hanya satu malam durasi tidur yang singkat memiliki efek yang mendasar terhadap regulasi metabolik dibandingkan dari yang sebelumnya dipahami ) ”

Studi sebelumnya telah menemukan bahwa penurunan durasi tidur selama beberapa malam mengakibatkan gangguan toleransi terhadap glukosa, tapi ini adalah studi pertama yang meneliti efek dari hanya satu malam  pembatasan tidur secara parsial pada sensitivitas insulin.

Dalam studi ini, peneliti memeriksa sembilan subyek orang sehat. Sekali setelah  tidur malam degan durasi normal ( sekitar delapan jam ), dan sekali setelah tidur  malam hanya selama empat jam tidur. Sensitivitas insulin setiap peserta penelitian diukur dengan menggunakan metode hyperinsulinemic euglycemic clamp.

Metode ini menggunakan kateter untuk menanamkan glukosa dan insulin ke dalam aliran darah dan kemudian menentukan sensitivitas insulin dengan mengukur jumlah glukosa yang diperlukan untuk mengkompensasi tingkat insulin meningkat tanpa menyebabkan hipoglikemia .

” Data kami menunjukkan bahwa sensitivitas insulin tidak tetap pada subyek sehat, namun tergantung pada durasi tidur di malam sebelumnya, ” kata Donga. ” Bahkan sangat menggoda untuk berspekulasi bahwa efek negatif terhadap toleransi glukosa yang disebabkan oleh  kurangnya tidur selama beberapa malam dapat dipersingkat dengan hanya kurang tidur selama satu. ”

Esther Donga menambahkan bahwa studi lebih lanjut diperlukan untuk mengevaluasi apakah intervensi yang bertujuan untuk meningkatkan durasi tidur mungkin bermanfaat dalam menstabilkan tingkat glukosa pada pasien dengan diabetes.

Referensi :

  1. E. Donga, M. van Dijk, J. G. van Dijk, N. R. Biermasz, G. J. Lammers, K. W. van Kralingen, E. P. M. Corssmit, J. A. Romijn. A Single Night of Partial Sleep Deprivation Induces Insulin Resistance in Multiple Metabolic Pathways in Healthy Subjects. Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, 2010; DOI: 10.1210/jc.2009-2430

Source : sciencedaily.com

Promo Spring Bed

Silahkan lihat Koleksi Spring Bed Terbaik Yang Akan Membantu Menjaga Anda Selalu Sehat dan Produktif :