Toko Springbed Anak | Tidur dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Manusia

Silahkan Lihat Daftar Harga DISKON Kasur dan Springbed Anak Dari Merek-Merek Terbaik dan Terpercaya di Indonesia :

Informasi Tambahan Bermanfaat :

Tidur dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Manusia

Tidur adalah suatu kondisi fisik, psikis dan otak dimana tubuh dapat beristirahat dan meminimalkan kinerja fungsi organ tubuh lainnya. Kekurangan tidur atau terlalu berlebihan bisa mempengaruhi kehidupan manusia. Di era modern ini, masih banyak orang meragukan pentingnya tidur bagi kesehatannya.

Bayangkan jika Anda bekerja 7 hari seminggu tanpa ada hari libur. Pastinya kondisi fisik dan psikis Anda bisa turun drastis dan menyebabkan stress juga penyakit lainnya. Tubuh pun begitu. Ia butuh beristirahat untuk memaksimalkan dan menjaga kesehatan kita. Sebenarnya banyak perdebatan seputar berapa jam tidur yang cukup per hari bagi setiap orang. Jawabannya bisa berbeda, tergantung aktivitas yang dilakukan di hari itu dan kebutuhan tubuh tiap orang yang tidak sama.  (* Baca Juga : Dampak Buruk Kurang Tidur Terhadap Pekerjaan Anda )

Tidur Yang Dibutuhkan Manusia

Pernahkah Anda memperhatikan setelah seharian beraktifitas, terutama yang menguras fisik dan energi otak, tubuh jadi mudah capai? Biasanya setelah itu tanpa sadar terkadang Anda mengantuk dan tidur. Jika tidur, otot-otot tubuh menjadi relaks dan organ tubuh lainnya berjalan lebih lambat dibanding biasanya. (* Baca Juga : Memahami Hubungan Antar Tidur dan Kekebalan Tubuh )

Tidur seperti apa yang dibutuhkan manusia? Tidur yang optimal adalah tidur yang mampu mengembalikan kesegaran dan fungsi tubuh menjadi normal kembali. Berapa lama sebenarnya waktu yang dibutuhkan oleh kita untuk tidur sehat?

Beberapa ilmuwan mengatakan bahwa tidur yang cukup berkisar antara 7 sampai 8 jam per hari. Namun ada pula yang menyebutkan cukup 5 atau 6 jam sudah mampu mengembalikan fungsi tubuh dan kebutuhannya agar tetap sehat. Biasanya ini tergantung dari aktivitas yang dilakukan manusia tersebut. Juga kebiasaan tidurnya dari kecil. Bagi sebagian orang tidur 6 jam perhari sudah cukup. Tapi untuk banyak orang lain kemungkinan mereka butuh tidur lebih lama, bisa 8 jam perhari.

Ketika kita tidur sistem tubuh beristirahat dalam kondisi stabil. Fungsinya untuk mengembalikan kondisi otak yang tadinya sedang tegang menjadi berkurang ketegangannya, membantu proses sistem imune tubuh untuk memproduksi sel-sel sehat baru, menyegarkan organ-organ tubuh juga. Kebanyakan manusia tidur di malam hari. Menurut penelitian di malam hari itulah sekitar jam 11 malam organ tubuh mulai melakukan tugasnya untuk memperbaiki dan memproses kembali sel-sel yang dibutuhkan manusia.

Bahaya Jika Kurang Tidur

Jika manusia kurang tidur atau tidak mengikuti jadwal tidurnya sesuai kebiasaan, banyak bahaya yang ditimbulkan. Kekurangan tidur menyebabkan fungsi organ tubuh yang harusnya berfungsi maksimal menurun. Bayangkan, ketika tidur cukup maka organ tubuh mampu merevitalisasi sel-selnya dengan optimal. Jika tidak terpenuhi maka hal ini menyebabkan kita merasa cepat lelah. Hal ini berakibat pada aktivitas sehari-hari. Dalam bekerja tentu dibutuhkan tubuh yang fit.

Kurang tidur juga membuat konsentrasi menurun. Konsentrasi yang menurun membuat otak yang harusnya berfikir prima menjadi lambat. Jika pekerjaan Anda membutuhkan konsentrasi yang tinggi tentunya sangat berpengaruh. Contoh ekstrimnya bila sedang mengemudi dan konsentrasi terpecah, bahaya seperti kecelakaan sangat mungkin terjadi. Nyawa pun terancam. Jadi sebaiknya tidur cukup agar Anda tetap sehat.

(Dirangkum dari : health.harvard.eduhealth.com )

Artikel Praktis, Bermanfaat Lainnya Untuk Anda :  

Jangan Lupa Untuk Melihat TESTIMONI Kami :

Lihat Juga Beberapa AWARDs Yang Telah Kami Dapatkan :

>> Atau, Segera Kunjungi Kami Pada Alamat ini, dan BUKTIKAN Kebenaran Seluruh Isi TESTIMONI Kami :

  • Alamat : Jl. Jend. A. Yani No. 598 – 600. Bandung.
  • Telp : (022) – 720 8300 , 0821 285 37731
  • PIN BB : 29E84589 , 276494BC