TIPS Memilih Tanaman Hias Untuk Ruangan

Pada dasarnya tanaman hias banyak digunakan oleh orang untuk menghiasi taman mereka. Namun demikian beberapa orang juga menyukai tanaman hias tersebut untuk memperindah interior rumah mereka. Tanam yang digunakan untuk interior rumah  tersebut biasanya berbeda dengan tanaman yang biasa ditanam di luar ruangan.

Namun demikian, untuk masalah keindahan, tanaman di dalam ruangan ini belum tentu kalah dengan tanaman yang biasa di tanam di luar ruangan. Sementara itu, dengan meletakkan tanaman di dalam rumah  selain akan semakin memperindah ruangan rumah, tanaman tersebut juga akan membuat ruangan semakin terasa nyaman dan sejuk, karena udara yang ada di dalam ruangan semakin bersih dan juga kaya akan oksigen.

Nah, bagi Anda yang ingin mempercantik ruangan dengan menggunakan tanaman tersebut, maka Anda sebaiknya menerapkan tips berikut agar lebih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Pilih Tanaman Berdasarkan Fungsi Tanaman

Salah satu hal yang harus Anda  perhatikan sebelum memilih tanaman  untuk ruangan Anda adalah dengan memilih tanaman yang sesuai dengan yang Anda  harapkan. Jika Anda ingin mempercantik ruangan Anda, maka Anda bisa memilih tanaman yang memiliki bentuk unik dan warna yang indah.

Keindahan tanaman ini biasanya juga dapat di bagian ke dalam beberapa jenis, yaitu keindahan pada batang, daun, maupun pada bunga tanaman. Tanaman yang memiliki bunga yang indah adalah anggrek, mawar dan adenium. Sedangkan tanaman yang memiliki daun yang indah adalah anthurium, aglaonema, sanseviera.

Namun, jika Anda memilih tanaman untuk menggunakan tanaman tersebut agar semakin menambah kesegaran ruangan Anda, maka Anda bisa memilih tanaman yang memiliki daun yang lebih lebat. Adapun tanaman yang termasuk dalam kategori rindang dan berdaun lebat adalah andiantum, aglaonema, philodendron, cordyline sanseviera, dan caladium.

Posisi yang tepat dan Perawatan rutin Untuk Menambah Daya tahan Tanaman

Untuk memilih tanaman hias khusus untuk mempercantik interior rumah,  maka Anda juga harus mengetahui bahwa pada dasarnya ruangan merupakan tempat yang “ekstrem” bagi tanaman karena tempat tersebut mempunyai  tingkat pencahayaan yang rendah, serta sirkulasi udara yang rendah.

Padahal  agar mampu bertahan, tumbuh dan berkembang, tanaman memerlukan pencahayaan yang cukup, sehingga ketika ruangan tidak mendapatkan banyak cahaya, maka umur tanaman pasti akan lebih singkat. Nah, untuk menghindari tanaman  mati pada ruangan karena kekurangan tanaman cahaya maka sebaiknya Anda harus mengatur penempatan maupun posisi dari tanaman tersebut, dimana posisi yang tepat dalam hal ini adalah posisi yang memungkinkan tanaman memperoleh cahaya matahari.

Dengan posisi yang tepat tersebut, maka daya tahan tanaman juga akan semakin bertambah. Sementara itu, Perawatan tanaman yang intensif seperti pemupukan dan juga menyiram dengan air setiap hari juga perlu Anda  lalukan agar tanaman Anda lebih tahan lama.

Artikel Bermanfaat Lainnya Untuk Anda :