Tips : Bagaimana Tidur Dapat Meningkatkan Kapasitas Otak Anda

Tidur merupakan siklus alami kinerja tubuh manusia yang berfungsi untuk mengistirahatkan tubuh. Didalam fase tidur tubuh manusia mengalami penurunan tanda-tanda kehidupan, seperti penurunan respons dikarenakan kinerja saraf yang menghubungkan respon ke otak di batasi saat tidur.

Selain itu beberapa fungsi organ bekerja dengan frekuensi yang rendah saat tidur. Bagaimana dengan otak apakah berhenti? Meskipun semua organ penting dalam tubuh mengalami penurunan kinerja saat tidur, tetapi tidak demikian dengan Otak. Otak masih dalam keadaan bekerja untuk mengatur seluruh organ-organ lain.  Apa yang dilakukan otak saat tidur berikut ulasannya:

Otak kanan dan kiri yang membagi pekerjaan

Sebagaian pekerjaan yang dilakukan oleh manusia pasti berhubungan dengan pemikiran tugas tersebut lebih tertumpu pada otak kiri, dalam posisi tidur otak kiri akan lebih beristirahat untuk bekerja namun tidak sepenuhnya berhenti.

Sedangkan otak kanan yang sehariannya kinerjanya lebih sedikit daripada kiri ternyata otak kanan akan bekerja lebih saat tidur, otak kanan ternyata layaknya sistem komputer yang memformat segala ingatan dan emosi yang terjadi selama hari itu.

Menurut penilitian orang yang kidal maupun tidak kidal tetap otak kananlah yang bekerja untuk memformat informasi saat tidur. Otak kanan selama tidur akan menata semua informasi dengan rapi  di dalam ingatan, hasil dari kinerja otak ini bisa dirasakan saat bangun pagi dihari sebelumnya yang penuh dengan masalah di pagi hari secara tidak sadar melupakannya membuat perasaan Anda lebih baik jika saat pagi hari.

 Secara bersama dengan kualitas tidur yang baik akan berdampak pada kesehatan otak yang baik pula berikut penjelasannya:

 Tidur meningkatkan kinerja otak

Otak yang selalu bekerja walau dalam kondisi tidur tidak menjadikan otak turun fungsinya justru dengan tidur membuat otak menjadi lebih baik dalam bekerja saat keadaan sadar nanti, tentu dengan kualitas tidur yang baik, berikut adalah berbagai kemampuan otak yang semakin bertambah dengan kualitas tidur yang baik:

1.     Memperkuat daya ingat

Dengan tidur yang tidak cukup mengakibatkan kemampuan otak menjadi terhambat seperti yang di jelaskan diatas kinerja otak akan terbatas untuk merapikan informasi data jika tidak mempunyai waktu yang cukup tidur, sebagai bukti bnyak orang yang belajar sebelum tidur lebih hafal apa yang telah dipelajari saat paginya dibandingkan belajar saat siang hari akan lebih lama untuk mengingatnya, dan itu membuktikan memori saat sebelum tidur akan lebih dirapikan lebih dahulu.

2.     Meningkatkan keterampilan dan bakat

Di dalam tidur kita akan masuk didalam bagian untuk menampilkan berbagai gambaran dan informasi yang sudah didapatkan dalam fase ini otak akan kembali mengulang informasi kepada pikiran Anda lebih rapi dan terstruktur, walau dalam posisi tidur pun pelajaran atau latihan Anda akan di ulang lagi di otak.

(Source : nih.gov , newsinhealth.nih.gov )

Artikel Singkat, Praktis, dan Bermanfaat Lainnya Untuk Anda :