Springbed Bandung- Berbagai Manfaat Tidur Siang

Tidur malam merupakan waktu tidur yang sangat wajib semua orang, karena terlalu sering begadang bisa membahayakan kesehatan. Selain itu, tidur malam juga memberi dampak yang baik bagi tubuh dan mengembalikan stamina.

Dibandingkan tidur malam, hampir semua orang tidak pernah tidur siang karena semua pekerjaan dan aktivitas dilakukan pada siang hari. Namun sebenarnya, ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari tidur yang dilakukan pada siang hari.

Asisten profesor dari Center for Functional and Molecular Imaging Georgetown University, Adrei Medevdev, menjelaskan saat tidur atau istirahat yang aktif bekerja adalah otak kanan. Saat tidur siang,  otak melakukan tugas mental seperti mengolah dan mengorganisir informasi yang bisa melatih kinerja otak. Tidur siang tidak memerlukan waktu yang lama seperti tidur malam, namun manfaat berikut ini bisa kita dapatkan.

Mengobati insomnia

Tidak sedikit orang yang mengalami gangguan insomnia karena waktu tidur yang berantakan atau faktor-faktor lain. Akibatnya, penderita insomnia sering terlihat mengantuk dan kurang berstamina. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, tidur siang selama 15 menit bisa memberikan efek positif berbeda-beda bagi setiap orang. Pada umumnya, tidur siang mengembalikan stamina penderita insomnia dan membuatnya lebih bugar.

Meningkatkan produktivitas

Otak akan terlindung dari pengolahan infomasi yang berlebihan saat tidur siang dan terbantu dalam mengonsolidasi infomasi yang diterima. Oleh karena itu, daya konsentrasi dan produktifitas individu bisa meningkat dalam menyelesaikan pekerjaan kantor. Tekanan darah yang memicu stress bisa diturunkan dan membuat kita merasa lebih rileks.

Meningkatkan daya ingat

Selain meningkatkan produktivitas, tidur siang juga memiliki manfaat dalam meningkatkan daya ingat otak. Hal ini dibuktikan oleh penelitian pada tahun 2008, yang menunjukkan bahwa tidur siang selama 45 menit membantu otak meningkatkat daya ingat.

Dijelaskan pula bawha peningkatan daya mengingat otak ini terjadi dalam fase tidur gelombang pendek, atau slow-wave sleep, yang memang selalu terjadi saat seseorang tidur siang. Meningkatnya daya otak tentu sangat berguna dalam menghafal kosakata bahasa asing maupun istilah-istilah penting dalam bidang tertentu.

Mencegah penyakit kardiovaskular

Dengan tidur siang selama 20 hingga 40 menit, kita bisa mengurangi resiko penyakit seperti jantung dan stroke. Seorang peneliti Yunani menjelaskan bahwa tidur siang selama 30 menit 3 kali setiap minggunya bisa memperkecil resiko penyakit kardiovaskular hingga 37%. Menurutnya, waktu tidur siang terbaik adalah antara jam 1-3 siang dan tak boleh lebih dari 45 menit karena bisa membuat pusing.

Mengurangi stress

Tidur siang juga sangat bermanfaat dalam mengurangi hormon kortisol yang bisa memicu stress. Dengan tidur siang yang cukup, hormon tersebut bisa berkurang hingga separuhnya. Penelitian di Jerman juga menunjukkan bahwa sekelompok pilot yang jam tidurnya kurang dari 7 jam kadar kortisolnya mengalami peningkatan yang cukup drastis, dan bisa berkurang separuhnya setelah tidur siang sejenak. 

Baca Juga Artikel Bermanfaat Lainnya :

Lihat Juga :

Produk Rekomendasi Kami

RESTA : Dengan Garansi Pegas 15 Tahun, Diciptakan Oleh Airland – Ahlinya Matras Untuk Kesehatan Tulang Belakang

*) Jangan Lupa Untuk Melihat TESTIMONI Kami (KLIK Pada Gambar ) :

toko furniture online murah-testimoni