Pusat Spring Bed King Koil | 4 Manfaat Penting Tidur Malam Yang Harus Anda Ketahui

Silahkan Lihat Daftar Harga DISKON Kasur dan Spring Bed Terbaik dari King Koil :

Informasi Bermanfaat :

4 Manfaat Tidur Malam Yang Tidak Dapat Anda Abaikan

Tidur adalah aktvitas tubuh yang penting bagi kesehatan. Selain lamanya waktu tidur, kita juga memperhatikan kapan saat yang tepat untuk tidur. Waktu tidur yang baik adalah 7-8 jam di malam hari. Walau kita juga dapat melakukan tidur di siang hari. Karena pada malam hari, umumnya manusia sedikit melakukan aktivitas. Maka, saat itulah kita harus merelaksasikan tubuh kita. Karena mengistirahatkan tubuh adalah salah satu kebutuhan manusia. Berikut adalah beberapa fakta manfaat dari tidur malam.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dengan tidur malam yang cukup, kita dapat terhindar dari risiko penyakit. Karena hormon Kartisol dan Melatonin berada dalam keadaan sehat. Hormon Kartisol berpengaruh pada fungsi kekebalan tubuh. Kartisol dapat menghalangi kerusakan sel-sel tubuh yang menyebabkan kanker.

Selain itu, saat kita sedang bermimpi, bahan kimia “modulator sistem kekebalan tubuh” membantu melawan infeksi tubuh yang potensial.  Maka, tidak heran kalau orang yang kurang tidur lebih mudah terserang flu. Karena tidak ada sistem kekebalan tubuh yang terbentuk untuk menghalangi masuknya virus flu.

Kemampuan Otak Meningkat

Berdasarkan penelitian University of Luebeck, Jerman, ditemukan bahwa orang-orang yang beristirahat malam secara optimal memiliki tiga kali kemampuan otak yang lebih baik daripada orang-orang yang kurang tidur. Studi ini dilakukan pada 106 orang.

Kemampuan otak yang dimaksud adalah kreativitas, kemampuan kognitif dalam mengukur memori, dan keterampilan pemecahan masalah. Karena selama tidur nouron di korteks sebral otak akan memperbaiki diri.

Menjaga Berat Badan

Penelitian University of Wisconsin dan Stanford University menunjukkan bahwa orang yang tidur rata-rata delapan jam setiap malam memiliki BMI (Body Mass Index = Indeks Massa Tubuh) lebih rendah daripada orang yang kurang tidur. Karena tidur dapat mengendalikan hormon-hormon nafsu makan, yaitu leptin dan ghrelin.

Ghrelin adalah hormon yang menstimulasi rasa lapar. Hormon ini akan meningkat jika kita kurang tidur. Ketika berada dalam kisaran tertentu, kita akan cenderung makan berlebihan. Dengan tidur cukup, rasa lapar tidak akan terstimulasi secara berlebihan. Dengan begitu, kita akan lebih mudah mengendalikan pola makan dan berat badan.

Mencegah Stres

Tidur yang cukup akan menghindarkan kita dari stres, terutama jika dilakukan di jam-jam yang tepat. Karena tidur dapat memberikan kesempatan organ-organ tubuh untuk beristirahat. Pada pukul 23, organ lever mulai beristirahat. Diikuti oleh organ pencernaan pada pukul 24. Setelah itu, diikuti oleh organ-organ motorik. Kondisi ini akan membantu merelaksasikan organ-organ tubuh, sehingga dapat mencegah stres.

Manfaat-manfaat tersebut akan kita dapatkan dengan tidur selama 8 jam di malam hari. Dengan begitu, tubuh akan menjadi lebih sehat. Selain itu, kondisi cahaya dan cuaca malam hari memang cocok untuk mengistirahatkan tubuh.

( Tulisan Terinspirasi Dari : ncbi.nlm.nih.gov , sleepdex.org , edition.cnn.com )

Artikel Praktis Bermanfaat Lainnya Untuk Anda :

Gejala Kurang Tidur yang Membahayakan Keselamatan Jiwa

http://harga-springbed.info/?p=3822

8 Bahaya Kurang Tidur Terhadap Kecantikan Wajah

http://harga-springbed.info/?p=3824

Bahaya Kurang Tidur Pada Bayi dan Solusi Agar Dapat Tidur Nyenyak

http://harga-springbed.info/?p=3827

Pentingnya Memperhatikan Waktu Yang Baik Untuk Tidur

http://harga-springbed.info/?p=3830

Pentingnya Banyak Tidur Untuk Bayi

http://harga-springbed.info/?p=3833

Ini Sebabnya Mengapa Anda Tidak Boleh Kurang Tidur

Mengapa Kurang Tidur Dapat Mengurangi Kecantikan Anda