Peran Penting Tidur Untuk Mengurangi Resiko Depresi Pada Remaja

Memiliki waktu tidur yang kurang dan tidak berkualitas tenyata dapat menganggu kesehatan para remaja baik secara fisik maupun psikologis. Bahkan peran penting tidur di masa pubertas akan sangat mempengaruhi kejiwaan mereka, dimana bila seorang remaja kurang tidur maka resiko mengalami depresi akan lebih besar dibandingkan dengan para remaja yang memiliki waktu tidur yang cukup yaitu sekitar 7-8 jam sehari.

Masa remaja merupakan saat yang cukup berat yang harus dilewati oleh setiap manusia, dimana mereka umumnya sedang mencari jati diri dengan emosi yang meledak-ledak, ditambah dengan adanya perubahan hormon dalam tubuh, perubahan bentuk fisik dan pengaruh serta tekanan dari keluarga dan teman-teman yang menuntut mereka untuk semakin dewasa sering kali membuat mereka sangat rentan terhadap depresi.

Penelitian terhadap para remaja di Amerika mengungkapkan bahwa remaja yang tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup memiliki resiko empat kali lebih besar mengalami depresi ketimbang remaja yang memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualtias. Begitu pula penelitian yang dilakukan di Stockholm, Swedia menyatakan bahwa remaja yang lebih banyak menghabiskan waktunya untuk menonton televisi, bermain internet, dan game tanpa waktu tidur yang cukup akan sangat berpotensi mengalami gangguan kejiwaan.

Peran penting tidur disini bukan hanya akan memulihkan stamina dan organ tubuh yang lelah beraktivitas seharian tapi juga dapat membuat fisik mereka lebih segar dan bersemangat dalam menghadapi dunia. Karena itu peran orang tua sangatlah penting untuk memastikan agar para remaja benar-benar memiliki waktu tidur setidaknya 7-8 jam sehari. Orang tua harus berperan dalam memastikan bahwa anak remaja mereka tidur dan bangun pada jumlah waktu yang sama setiap hari.

Keadaan depresi sebenarnya bisa terjadi kepada siapa saja baik remaja, dewasa, maupun orang tua. Namum remaja sangat rentan depresi apabila tidak memiliki waktu tidur yang cukup, karena adanya perubahan hormon dan perubahan irama sirkardian (perubahan pengaturan tidur serta bangun yang berasal dari tubuh manusia) yang terjadi pada masa pubertas, dimana para remaja cenderung ingin tidur lebih larut malam dan bangun lebih siang.

Namun sebagai orang tua yang bijak tentulah akan berusaha untuk menanamkan sikap-sikap positif yang perlu dilakukan oleh remaja ketimbang mengikuti seluruh kebiasaan dan keinginan mereka seperti menonton dvd, acara televisi sampai larut malam, bermain internet dan game tanpa kenal waktu. Dimana pada akhirnya akan membuat mereka tidak memiliki waktu untuk tidur dan yang jauh lebih penting adalah waktu bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya dan lingkungan akan sangat sedikit, padahal masa remaja merupakan masa untuk belajar berinteraksi sosial dengan siapapun agar dapat mengenal sifat-sifat positif dan negatif dari orang-orang sekitarnya agar mereka belajar untuk menjadi lebih dewasa.

Keadaan remaja yang harus menghadapi berbagai tugas sekolah, mulai merasakan gejolak asmara terhadap lawan jenis, tuntutan untuk bersikap dewasa, serta pengaruh teknologi membuat waktu tidur mereka semakin berkurang bahkan cenderung untuk enggan tidur akan sangat mempengaruhi jiwa mereka apabila orang tua tidak segera menanganinya dengan menjadi teman dan sahabat yang baik untuk mereka.

Peran penting tidur untuk meminimalkan resiko depresi terhdap remaja, namun jauh lebih penting lagi peran orang tua sebagai teman dan sahabat untuk anak remaja mereka. Karena sesungguhnya bagi remaja mereka baru bisa memiliki waktu tidur yang berkualitas dan cukup apabila mereka yakin saat mereka bangun nanti ada orang tua yang akan memberikan dukungan terhadap mereka dalam keadaan apapun dan menerima mereka apa adanya.

Baca Juga Artikel Bermanfaat Lainnya Untuk Anda :

Lihat Juga :

Promo Harga Kasur Springbed Murah, Bagus, Terjangkau

Diskon Dimulai Dari 40% – 50% : HEMAT Sampai JUTAAN Rupiah

( Bergaransi Resmi Pegas 12 – 15 Tahun , 100% Baru – Bukan Ex Display )

Harga Kasur RESTA – Dibuat Dengan Kualitas Legendaris Airland Dengan Harga Lebih Terjangkau ( Best Value )

Harga Aneka Spring Bed Latex :

Beberapa Contoh TESTIMONI

testimoni galleria furniture bandung

*) Silahkan Lihat Lebih Banyak TESTIMONI Galleria Furniture  : 

galleria furniture bandung-testimoni