Pentingnya Tidur Untuk Pertumbuhan Bayi

Bayi yang baru lahir membutuhkan energi yang banyak untuk pertumbuhannya, salah satu yang unik adalah seorang bayi diharuskan tidur lebih banyak daripada orang dewasa karena menurut penelitian sangat baik untuk pertumbuhan otak dan kesehatan bayi di masa yang akan datang. Berikut pentingnya pola tidur yang berkualitas pada bayi sehingga membantu pertumbuhan otak bayi secara optimal.

Tidur Berkualitas

Bayi yang tidur kurang dari 9 jam menunjukkan bahwa tidak ada kenyamanan ketika tidur , banyak factor penyebabnya seperti lapar dan haus pada malam hari, mengompol dan segera tidak diganti oleh ibunya, akibat digigit nyamuk dan masih banyak factor lainnya.

Jika bayi yang terbangun pada setiap malam harinya sampai dalam waktu 1 jam tidak dapat tidur kembali apalagi jika sering menangis, rewel dan kesulitan tidur maka perlu dilakukan penelusuran factor penyebab kenapa bayi tidak dapat tidur dengan nyaman, jika memang diperlukan konsultasi dengan dokter maka segeralah berkonsultasi. Tetapi memang secara umum kebanyakan bayi akan bangun di malam hari dan banyak tidur di siang hari.

Pola tersebut dapat diatur oleh orang tua dengan cara menelusuri dengan cermat hal apa saja yang menyebabkan bayinya tidak dapat tidur di malam hari. Karena jika terus menerus akan mempengaruhi pertumbuhannya baik secara fisik mapun secara psikis di masa akan datang. Jadi optimalkan seorang bayi dapat tidur di malam hari secara baik dan berkualitas karena sangat baik untuk pertumbuhannya.

Jam Tidur Pada Bayi

Jam tidur pada bayi yang dianjurkan adalah 16 sampai 20 jam perhari, dimana setiap anak berbeda-beda untuk bayi yang berusia 2 bulan sampai 1 tahun biasanya tidur selama 9 sampai 12 jam pada malam hari dan tidur siang bisa sampai 2 kali yaitu pada pagi dan siang hari, seadngkan untuk bayi berusia 12 bulan atau 1 tahun sampai 3 tahun tidur sebanyak 12 sampai 13 jam di malam hari, dengan rata-rata tidur siang sebanyak 1 kali. Jika sudah berusia 4 tahun ke atas biasanya tidur siang akan sulit dilakukan karena keinginan bermain yang lebih banyak.

Dampak Buruk Kurang Tidur Untuk Bayi

Kurang tidur pada bayi yang disebabkan oleh banyak factor akan mempengaruhi memberikan dampak buruk pada pertumbuhannya. Yang biasanya akan terjadi adalah dengan seorang bayi pada malam hari kurang tidur akan mengurangi kekebalan tubuh yang dibentuk ketika tidur pada malam hari, pertumbuhan hormon pada bayi akan kacau dan tidak sesuai dengan tahapan perkembangannya.

Terjadi iregulasi system endonkrin pada tubuhnya, menciptakan kelebihan berat badan yang tidak seimbang dan mudah sekali mengantuk. Tidur yang kurang juga mempengaruhi pertumbuhan secara kognitif seperti kurangnya konsentrasi dalam belajar, tidak waspada, kuranng perhatian bahkan dapat menjadi anak yang hyperaktif.

( Dirangkum  dari : babycenter.com , webmd.com )

Baca Juga Artikel Bermanfaat Lainnya :

HEMAT Uang Anda :

Promo Sofa Dengan Harga Terjangkau

jual sofa amora bandung toko sofa murah bandung sofa mewah terjangkau bandung

Lihat Juga Produk Spring Bed Best Seller Kami :

kasur spring bed Airland Allegro Air matras spring bed Elite Dr.Smart kasur spring bed KingKoil Natural Response

Beberapa Contoh TESTIMONI :

testimoni toko kasur paling murah - galleria furniture

>>> Silahkan Lihat Lebih Banyak TESTIMONI Galleria Furniture. KLIK DISINI..

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>