Pentingnya Menjaga Disiplin Waktu Tidur | Pusat Matras Harga Murah

Berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk tidur di malam hari? Anda boleh berbangga bahwa hampir setiap malam Anda hanya memerlukan beberapa jam untuk tidur, dan bisa diimbangi dengan bangun pagi. Entah apa saja yang Anda lakukan selama begadang atau tak tidur, tapi Anda tak perlu berbesar hati. Karena begadang bukanlah prestasi, apalagi jika sudah mengetahui fakta-fakta kesehatan yang terkait dengan kurangnya tidur. (* Baca Juga Bahaya Insomnia dan Tips Untuk Mengatasinya )

Seiring dengan pertambahan usia, seseorang memang semakin punya banyak aktivitas dan beban pikiran. Sehingga mereka sering mengalami masalah untuk tidur. Awalnya karena pekerjaan, lalu lama kelamaan menjadi kebiasaan.

Barangkali Anda berpendapat bahwa manusia dewasa jelas berbeda dengan bayi atau anak-anak, terutama pada jam tidur. Memang benar. Tapi tahukah Anda bahwa kebutuhan tidur seharusnya tak bisa ditawar. Logikanya begini. Jika Anda merasa capek atau kelelahan atau pegal-pegal, sudah seharusnya Anda beristirahat. Cukup dengan duduk tenang atau sekadar merebahkan tubuh sudah menciptakan kondisi yang nyaman.

Apalagi jika itu dialami pada jam-jam produktif yang tak memungkinkan untuk tidur. Nah, selepas pekerjaan selesai di sore atau malam hari, segeralah menuntaskan beberapa kewajiban dan akhiri hari Anda dengan tidur yang berkualitas. Sebab setiap orang seharusnya memahami kebutuhan tidur sebagai faktor yang akan menyempurnakan kesehatan. (* Baca Juga : 5 Alasan Mengagumkan Mengapa Tidur Penting Untuk Kesuksesan Anda )

Semasa bayi, seseorang bisa menghabiskan waktu tidur hingga 16 jam setiap harinya. Ketika beranjak usia anak-anak, waktu tidur bisa menghabiskan 10 jam. Saat usia produktif atau dewasa, waktu tidur yang direkomendasikan ialah 8 jam sehari. Lalu ketika usia semakin tua, kebutuhan jam tidur pun semakin berkurang. Namun perlu diingat bahwa jam-jam tersebut adalah kebutuhan yang diimbangi oleh aktivitas normal. Artinya kita setiap hari beraktivitas dengan pola kegiatan yang cenderung terkonsep dan lebih sering terjadwal.

Tetapi ada saat-saat tertentu ketika tubuh diforsir pada pagi hingga sore hari sehingga kondisinya gampang capek, lapar dan mengantuk. Di situlah kebutuhan waktu tidur bisa disesuaikan. Malahan waktu tidur harus ditambahi demi menyeimbangkan kondisi tubuh.

Waktu tidur yang berkualitas akan berpengaruh pada banyak hal. Tapi pengaruh yang paling dominan ialah kesehatan tubuh.  (* Baca Juga : Fakta Mengejutkan Tentang Kurang Tidur Yang Perlu Anda Ketahui )

Setiap orang pasti punya gaya hidup berbeda, mulai dari gaya hidup sehat hingga tak wajar seperti merokok atau bahkan minum alkohol. Nah, faktor-faktor tersebut jelas berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh yang akhirnya bisa memicu beberapa penyakit.

Akibatnya, waktu tidur menjadi semakin berbeda bagi setiap orang. Ada yang memang benar-benar menjalani kehidupan secara normal alias berangkat pagi hari untuk bekerja, pulang sore hari, dan beristirahat di malam hari. Secara umum, tidak ada pengaruh buruk bagi kesehatan. Namun ada ancaman yang lebih parah jika kurangnya waktu tidur ternyata dialami oleh seseorang yang juga punya kebiasaan atau gaya hidup tak sehat.

Artikel Singkat, Praktis, dan Bermanfaat Lainnya Untuk Anda :