Pengaruh Buruk Kurang Tidur Dalam Kehidupan Sehari-Hari Anak

Orangtua biasnya cukup keras terhadap anak mengenai jam tidur. Akan tetapi, banyak orangtua yang mengalami kesulitan untuk membujuk anaknya untuk tidur sesuai jam tidur sehingga anak mengalami masalah kurang tidur.

Apa yang terjadi ketika anak mengalami masalah kurang tidur? Anda mungkin beranggapan bahwa anak yang kurang tidur hanya akan merasa mengantuk dan menguap di pagi dan siang hari. Akan tetapi, ada tanda-tanda lain yang muncul ketika anak mengalami masalah kurang tidur. Ketika anak kurang tidur, anak bisa menjadi hiperaktif, rewel, impulsif, dan kurang perhatian.

Kurang tidur pastinya juga akan berakibat pada kesehatan, emosi, pencapaian akademis, dan kemampuan untuk menyetir. Efek ini tentunya mempunyai konsekuensi jangka panjang pada pendidikan, kesehatan, dan pengembangan kemampuan anak di luar sekolah.

Hubungan Tidur dan Sekolah pada Anak

Tidur mempunyai manfaat penting pada kesehatan, emosi, ingatan, dan potensi akademis. Kurang tidur akan memberikan efek negatif pada kesejahteraan, pengambilan keputusan, dan perhatian. Keseluruhan hal tersebut sangat penting untuk meraih sukses di sekolah.

Masyarakat saat ini tidur semakin kurang dari waktu ke waktu. Pelajar yang kurang tidur sering merasa mengantuk selama jam pelajaran pagi. Kesulitan tidur di malam hari menyebabkan pelajar mengalami kesulitan untuk berkembang di sekolah. Kurang tidur setiap malam dan kebiasaan tidur yang kurang sehat pada malam di akhir pekan memicu kesulitan-kesulitan yang muncul ketika anak sekolah.

Kurang tidur bisa menyebabkan anak mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi untuk jangka panjang. Mereka juga akan mengalami kesulitan untuk mengingat pelajaran yang mereka dapat di sekolah. Menurut studi, anak yang kurang tidur mengalami masalah dengan kreativitas verbal, pemecahan masalah, hambatan terhadap tingkah laku, dan nilai tes IQ yang lebih rendah. ( * Baca Juga : Manfaat Penting Tidur Bagi Prestasi Anak di Sekolah )

Hubungan Tidur dan Lingkungan Sosiokultural Anak

Kurang tidur menyebabkan berbagai masalah pada anak di pagi hari khususnya di sekolah pada pagi dan siang hari. Kurang tidur pada anak ini terjadi karena berbagai hal yang mungkin dilakukan oleh anak di sore dan malam hari menjelang waktu tidur. Anak-anak mungkin akan menunda waktu tidur karena berbagai sebab dan salah satunya adalah pekerjaan rumah. Banyak anak menggunakan waktu yang seharusnya digunakan untuk tidur untuk mengerjakan pekerjaan rumah.

Di sisi lain, anak yang mengerjakan pekerjaan rumah menjelang jam tidur mungkin akan tidur lebih mudah meskipun tak jarang anak-anak justru masih mengalami stres setelah mengerjakan pekerjaan rumah sehingga tidak bisa tidur dengan mudah.

Selain itu, anak-anak bisa mengalami kurang tidur akibat hiburan di rumah seperti telebisi, film, dan video game serta teknologi termasuk komputer dan telepon pintar. Anak-anak juga bisa mengalami masalah kurang tidur akibat kebiasaan makan berat sebelum jam tidur, konsumsi kafein, serta konsumsi alkohol dan tembakau.

Baca Juga Artikel Singkat, Praktis dan Bermanfaat Lainnya Untuk Anda : 

HEMAT Uang Anda :

Promo Sofa Dengan Harga Terjangkau

jual sofa amora bandung toko sofa murah bandung sofa mewah terjangkau bandung

Lihat Juga Produk Spring Bed Best Seller Kami :

kasur spring bed Airland Allegro Air matras spring bed Elite Dr.Smart kasur spring bed KingKoil Natural Response

Beberapa Contoh TESTIMONI :

testimoni toko kasur paling murah - galleria furniture

>>> Silahkan Lihat Lebih Banyak TESTIMONI Galleria Furniture. KLIK DISINI..