Metode Pengelolaan Tidur Siang Pada Anak |Galleria Furniture

Silahkan Lihat Daftar Harga DISKON Kasur dan Springbed Anak Dari Merek-Merek Terbaik dan Terpercaya di Indonesia :

Informasi Bermanfaat :

Manfaat Serta Metode Pengelolaan Tidur Siang Bagi Anak

Tidur merupakan bagian dari siklus hidup harian manusia dengan kebutuhan rata – rata sebanyak 8 jam dalam satu hari. Siklus dan durasi tidur setiap orang dapat berbeda – beda terkait dengan kebutuhan dan kebiasaan. Salah satu kebiasaan yang lazim dilakukan terkait dengan siklus tidur harian adalah menjalani tidur siang.

Pada usia sekitar 4 tahun; anak – anak akan membutuhkan durasi tidur sekitar 12 hingga 14 jam secara keseluruhan baik itu tidur di siang hari ataupun di malam hari dan akan berangsur – angsur berkurang seiring pertambahan usia anak. Pada usia ini beberapa anak mungkin anak menolak tidur siang karena lebih memilih beraktivitas, namun tetap mempertahankan siklus tidur siang akan memberi banyak manfaat.

Ternyata; tidur siang memberi cukup banyak manfaat bagi anak – anak ataupun orang dewasa. Bagi anak – anak, terutama mereka yang masih berada pada usia balita; tidur siang dapat dikatakan memberi manfaat yang sama dengan tidur di malam hari.

Dengan siklus tidur siang yang teratur dengan durasi yang secukupnya; maka seorang anak dapat memiliki sistem imun yang kuat serta mengalami pertumbuhan fisik dan perkembangan otak yang optimal. Bagi anak – anak; tidur siang memberi kesempatan lebih untuk beristirahat dan mengoptimalkan proses tumbuh kembang mereka.

Meskipun puncak dari pelepasan hormon pertumbuhan terjadi di malam hari; tidur di siang hari juga memberi dampak baik bagi pertumbuhan seorang anak karena tetap ada hormon pertumbuhan yang diproduksi dan dilepaskan ketika tidur siang.

Tidur siang dapat membuat anak lebih tenang serta memiliki kondisi fisik yang lebih segar karena mendapat kesempatan beristirahat. Selain fisik; emosi dan fungsi kognitif otak juga menjalani masa istirahat ketika seorang anak tengah tidur siang. Tidur yang berkualitas biasanya ditandai dengan berkurangnya gerakan tubuh serta minimnya kewaspadaan terhadap rangsangan dari sekitar; umumnya kondisi tersebut dikatakan tidur yang pulas.

Orang tua sebaiknya mengawasi perilaku dan kondisi anak ketika terjadi perubahan pola tidur. Jika terjadi perubahan yang dinilai negatif seperti anak menjadi mudah marah, memiliki konsentrasi rendah ataupun mudah sakit maka perlu dilakukan evaluasi dan percobaan untuk mengatur pola tidur yang sesuai bagi usia, kondisi dan kegiatan anak tersebut.

Tidur siang yang tidak berlebihan tidak akan mengganggu siklus dan durasi tidur malam. Oleh karena itu; mengelola siklus dan durasi tidur siang selama 30 hingga 90 menit sangat dianjurkan. Tidur siang melebihi durasi tersebut biasanya akan berdampak pada berkurangnya durasi tidur malam.

Pada anak – anak; hal tersebut biasanya ditandai dengan lambatnya kemunculan rasa kantuk melewati waktu biasanya mereka merasakan kantuk dan tertidur. Durasi tidur siang yang terlalu lama sehingga mengurangi porsi tidur malam akan merugikan perkembangan dan pertumbuhan anak karena puncak tumbuh kembang fisik dan otak anak terjadi pada waktu tidur malam.

( Sumber : psychologytoday.com , stlouischildrens.org , umass.edu )

Informasi Bermanfaat Lainnya Untuk Anda :

Jangan Lupa Untuk Melihat TESTIMONI Kami :

Lihat Juga Beberapa AWARDs Yang Telah Kami Dapatkan :

>> Atau, Segera Kunjungi Kami Pada Alamat ini, dan BUKTIKAN Kebenaran Seluruh Isi TESTIMONI Kami :

  • Alamat : Jl. Jend. A. Yani No. 598 – 600. Bandung.
  • Telp : (022) – 720 8300 , Hp / WhatsApp : 0821 285 37731
  • PIN BB : 29E84589 , 276494FC