mengantuk siang hari

Mengapa Saya Selalu Mengantuk Setelah Makan Siang ?

Adalah normal untuk merasa sedikit mengantuk setelah makan siang. Beberapa orang mungkin keliru berpikir bahwa hal ini berkaitan dengan konsumsi makanan.

Secara khusus, beberapa percaya bahwa ada pergeseran yang signifikan dalam aliran darah dari otak ke perut atau saluran pencernaan untuk membantu pencernaan. Meskipun ini terdengar masuk akal, tapi mungkin tidak sepenuhnya benar. Jika ini terjadi, mengapa kita tidak merasa mengantuk setelah makan sarapan besar atau setelah makan malam ? Yang benar adalah bahwa kantuk ini tidak selalu berhubungan dengan makanan

Orang lain mungkin berpendapat bahwa ada unsur-unsur dalam makanan yang menyebabkan kantuk. Sebagai contoh, ada tingkat yang sangat kecil dari hormon yang disebut melatonin. Meskipun melatonin memiliki peran penting dalam waktu tidur, tingkat rendah dalam makanan tidak  memiliki efek yang signifikan.

Ada beberapa makanan lain yang mungkin membuat Anda merasa sedikit mengantuk, terutama kalkun dan makanan yang mengandung tryptophan. Selain itu, minum alkohol dapat menyebabkan kantuk. Dalam kebanyakan kasus, hal-hal ini bukanlah kontributor untuk merasa mengantuk setelah makan siang.

Bahkan, sedikit sekali hubungannya dengan makanan yang dimakan. Sebaliknya rasa mengantuk ini  lebih berkaitan dengan waktu alami meningkatnya kecenderungan untuk  tidur. Ada dua fenomena yang berkontribusi untuk ini : (homeostatic sleep drive) dorongan tidur homeostatis,  dan ritme sirkadian.

Dorongan tidur terjadi karena penumpukan secata bertahap suatu senyawa kimia dalam otak yang disebut adenosine. Semakin lama seseorang terbangun semakin banyak adesnosine yang terakumulasi, menyebabkan meningkatnya keinginan untuk tidur. Hal ini mencapai puncaknya tepat sebelum tidur malam, tetapi juga lebih tinggi pada siang atau sore hari dibandingkan di pagi hari.

Proses kedua yang memberikan kontribusi tidak langsung kantuk adalah ritme sirkadian. Ritme sirkadian sebenarnya adalah semacam pola sinyal peringatan. Hal ini meningkat sepanjang hari untuk membuat kita tetap terjaga dan melawan semakin tingginya tingkat adenosin.

Biasanya ritme sirkadia ini akan membuat Anda mengantuk kembali 7 – 9 jam setelah bangun pagi. Dan itu biasanya pada pukul 13.00 – 15.00.

Meskipun merasa mengantuk setelah makan siang dapat dijelaskan, mungkin ada saat-saat ketika kita terlalu mengantuk . Jika kita mengalami kurangnya waktu  tidur, rasa kantuk setelah makan siang bisa lebih hebat . Selain itu, gangguan tidur (sleep disorders) seperti sleep apnea (obstructive sleep apnea)  dapat membuat ini lebih buruk.

Untuk menangkal kantuk yang terjadi pada sore hari, Anda dapat mencoba  tidur siang  singkat selama10-20 menit. Untungnya, jika Anda merasa bahwa tidur siang sulit dilakukan, periode mengantuk  ini akan berlalu dan Anda akan menemukan bahwa Anda merasa lebih segar lagi dalam hitungan jam.

Untuk mencegah rasa kantuk yang berlebihan di siang hari, adalah sangat penting untuk memperhatikan durasi tidur Anda di malam hari. Para ahli secara umum merekomendasikan durasi tidur antara 7 – 8 jam setiap malam.

Selain durasi, hal tidak kalah penting adalah kualitas tidur. Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, tempat tidur Anda memainkan peranan vital. Kasur atau spring bed yang tidak mampu menopang tubuh pada posisi tulang belakang yang ideal, dan tidak mampu mengurangi titik-titik tekan pada permukaan tubuh akan membuat Anda terbangun dengan pegal pada punnggung, pinggang dan bahu Anda. Hal ini merupakan keluhan utama yang membuat banyak orang mengalami hari yang buruk keesokan harinya.

Galleria Furniture Bandung, merupakan Agen Resmi dari berbagai macam merek kasur dan spring bed dari merek-merek ternama. Merupakan komitmen kami untuk memberikan kepada Anda hanya produk yang berkualitas untuk dapat mendukung kualitas tidur yang optimal.

Silahkan Lihat Produk Matras Spring Bed Kami Dengan HARGA DISKON :

Airland – Dari Dokter dan Chiropractor Untuk Tidur Sehat Anda :

promo diskon kasur airland

 

Untuk Melihat Contoh Display, Update PROMO, dan Harga NETT, Kami Mengundang Anda Untuk Mengunjungi Kami Di :

  • Alamat Toko : Jl. Jend. A. Yani No. 598 – 600. Bandung.
  • Telp : (022) – 720 8300 / 0821 285 37731
  • PIN BB : 276494FC dan 29E84589

*) Silahkan Lihat TESTIMONI Kami  :

testimoni galleria furniture bandung

 

TERIMA KASIH telah mengunjungi situs ini. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang menginginkan kualitas tidur sehat setiap malam.

Salam Sehat dan Sukses selalu untuk Anda. Kami Tunggu Anda di Galleria Furniture Bandung…