Manfaat Tidur Bagi Bayi dan Anak |Tempat Tidur Anak Murah Bandung

Silahkan Lihat Daftar Harga DISKON Kasur dan Springbed Anak Dari Merek-Merek Terbaik dan Terpercaya di Indonesia :

Informasi Bermanfaat :

Manfaat Tidur Bagi Bayi dan Anak

Tidur merupakan salah satu bagian dari siklus hidup harian makhluk hidup; manusia dewasa biasanya menghabiskan waktu 5 hingga 8 jam dalam satu hari untuk tidur. Tidur memberi kesempatan pada berbagai macam organ dan juga indera untuk beristirahat; namun tidur juga memiliki fungsi khusus bagi bayi dan anak – anak.

Banyak pernyataan terkait dengan kualitas yang baik dan kuantitas tidur bayi yang cukup akan memberi dampak positif bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi serta anak – anak. Ada pula pernyataan terkait perkembangan otak yang optimal akan didapat dari tidur bayi yang nyenyak.

Mengetahui alasan – alasan di balik pernyataan – pernyataan tersebut akan memberikan pencerahan bagi siapapun dan terutama para orang tua mengapa mengelola tidur bayi dan anak – anak merupakan hal yang penting.

Ada banyak penelitian yang berujung pada kesimpulan bahwa tidur bagi bayi dan anak – anak merupakan waktu dimana tumbuh kembang otak berada pada fase yang optimal. Bayi yang memiliki kecukupan waktu tidur serta memiliki tidur yang berkualitas memiliki peluang lebih besar untuk tumbuh menjadi anak yang cerdas, kreatif serta memiliki pikiran yang jernih.

Hal tersebut terjadi karena kurang lebih 75% dari hormon pertumbuhan pada bayi akan dikeluarkan ketika bayi tengah berada dalam kondisi tertidur. Hormon pertumbuhan berfungsi untuk merangsang dan mengatur pertumbuhan jaringan organ dan tubuh serta tulang bayi; termasuk di dalamnya adalah pertumbuhan otak.

Selain terjadi peningkatan aktivitas pertumbuhan; kegiatan metabolisme tubuh juga akan mengalami peningkatan ketika seorang bayi atau anak tengah tidur. Dalam kondisi beristirahat; terjadi proses penyerapan nutrisi dari sistem pencernaan untuk digunakan pada proses perbaikan dan pertumbuhan sel – sel tubuh yang termasuk di dalamnya sel darah dan juga sel – sel jaringan otak.

Ketika seorang bayi atau anak tengah terlelap tidur; aliran darah menuju ke otak juga akan mengalami peningkatan yang berarti aliran distribusi oksigen dan juga nutrisi yang dialirkan oleh darah ke otak juga mengalami peningkatan. Hal ini penting bagi pertumbuhan jaringan otak serta perkembangan psikis yang juga berpusat di otak.

Ketika seorang bayi mengalami kondisi kurang tidur; hal pertama yang biasanya terjadi adalah munculnya perangai mudah marah atau rewel serta menurunnya daya tahan tubuh jika kondisi kurang tidur terjadi dalam durasi yang cukup lama. Perangai mudah marah, sulit diatur dan rewel dapat berdampak buruk bagi perkembangan psikis dan kepribadian bayi dalam jangka panjang.

Kelelahan psikis seringkali tidak dapat dihindari ketika seorang bayi mengalami kondisi kurang tidur. Sedangkan penurunan daya tahan tubuh biasanya dipicu oleh menurunnya jumlah sel darah putih yang diproduksi karena proses pembentukan sel – sel darah terjadi ketika seorang bayi tengah berada dalam kondisi tertidur.

( Sumber : netdoctor.co.uk , kidshealth.org )

Informasi Bermanfaat Lainnya Untuk Anda :

Jangan Lupa Untuk Melihat TESTIMONI Kami :

Lihat Juga Beberapa AWARDs Yang Telah Kami Dapatkan :

>> Atau, Segera Kunjungi Kami Pada Alamat ini, dan BUKTIKAN Kebenaran Seluruh Isi TESTIMONI Kami :

  • Alamat : Jl. Jend. A. Yani No. 598 – 600. Bandung.
  • Telp : (022) – 720 8300 , Hp / WhatsApp : 0821 285 37731
  • PIN BB : 29E84589 , 276494FC