Manfaat Penting Tidur Untuk Mencegah Sakit Jantung dan Stroke

Waktu Tidur Kurang

Peran penting tidur sudah semestinya dipahami oleh semua orang. Tidur pun menjadi salah satu kebutuhan manusia yang harus dipenuhi. Tidak ada manusia yang dapat bertahan hidup tanpa tidur. Meskipun demikian, sepertinya masih ada saja orang yang senang menunda waktu tidur dan memilih begadang atau tidur larut malam.

Padahal bila Anda tahu, tidur berkualitas selama 6-8 jam dalam sehari dapat menurunkan risiko sakit jantung dan stroke. Hal tersebut sudah teruji dengan penelitian yang relevan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut juga didapati bahwa seseorang yang memiliki waktu tidur yang kurang berisiko 2 kali terkena serangan jantung dan stroke.

Selain memiliki risiko serangan jantung dan stroke, seseorang dengan tidur yang kurang dari durasi normal dapat mengalami gagal jantung kongestif. Gagal jantung tersebut merupakan suatu kegagalan organ jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh akibat kondisi lemah.

Keadaan tersebut jelas dapat merusak organ-organ tubuh yang lainnya. Oleh karena itu, penting bagi setiap orang untuk mengatur kembali pola tidur masing-masing. Ingat untuk memiliki waktu tidur yang cukup dan jangan kurang karena peran penting tidur sudah sangat jelas.

Durasi Tidur Normal

Waktu tidur yang kurang jelas tidak baik. Akan tetapi, ternyata memiliki waktu tidur yang berlebihan juga sama tidak baiknya. Seseorang yang memiliki waktu tidur lebih dari 8 jam dapat berisiko 2 kali terkena angina dan 19% lebih mungkin terkena sakit arteri koroner. Hal ini berarti kekurangan atau kelebihan waktu tidur sama-sama berdampak negatif pada tubuh.

Adapun tidur yang baik adalah tidur yang berkualitas. Peran penting tidur hanya akan Anda peroleh bila tidur Anda berkualitas. Tidur yang berkualitas sendiri dapat diartikan sebagai tidur yang cukup dan efektif. Tidur yang berkualitas dapat Anda miliki dengan menata kamar tidur Anda senyaman mungkin untuk istirahat.

Pastikan semua alat elektronik termasuk telepon genggam dalam keadaan mati agar Anda tidak terganggu. Tidur dengan kondisi kamar gelap menjadi salah satu hal yang disarankan guna mengoptimalkan kualitas tidur Anda. Hal ini karena hormon melatonin lebih diproduksi secara maksimal dalam kondisi kamar tidur yang gelap.

Seorang dokter sekaligus penulis dari Chicago Medical School, Dr Saurabh Aggarwal menyatakan bahwa seseorang dengan durasi tidur lebih lama memang cenderung berisiko terkena penyakit kardiovaskular. Risiko tersebut pun diketahui akan turun bila durasi tidur kembali normal. Penyakit kardiovaskular sendiri menjadi penyakit mematikan di Inggris.

Tepatnya tahun 2011 lalu 159 ribu orang di Inggris meninggal dunia karena penyakit tersebut. Di samping itu penyakit stroke juga menjadi sebab kematian 42 ribu orang di dunia. Dengan demikian peran penting tidur baik untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat dan terhindar dari sakit jantung dan stroke.

( Source : timesofindia.indiatimes.com , dailymail.co.uk )

Baca Juga Artikel Bermanfaat Lainnya Untuk Anda : 

Lihat Juga :

Promo Kasur dan Spring Bed Dari Merek-Merek Terbaik Kepercayaan Anda

Diskon Dimulai Dari 35% – 50% : HEMAT Sampai Jutaan Rupiah

( Bergaransi Resmi Pegas 12 – 15 Tahun, 100% Baru )

 Harga Kasur King Koil : Diskon  Rekomendasi & Promo Matras Untuk Pengantin Baru 
jual king koil springbed tempat tidur untuk pengantin baru

 

*) Beberapa Contoh TESTIMONI :

testimoni galleria furniture bandung

>>> Silahkan Lihat Lebih Banyak TESTIMONI Kami Lainnya >>>