Manfaat Penting Tidur Berkualitas Terhadap Prestasi Anak di Sekolah

Tidur merupakan bagian dari siklus hidup harian manusia; ada banyak manfaat yang dapat diperoleh manusia dari memiliki pola tidur teratur dengan durasi tidur yang cukup. Pada anak – anak ada beberapa manfaat tidur yang spesifik seperti memiliki perkembangan psikis dan pertumbuhan fisik yang optimal. Hal tersebut terjadi karena produksi hormon pertumbuhan pada anak – anak akan berada pada puncaknya ketika anak tersebut tengah berada pada kondisi tidur.

Tidur yang cukup dan teratur akan memastikan seorang anak memproduksi cukup hormon pertumbuhan untuk menjalani proses tumbuh kembang yang optimal. Bagi anak – anak yang telah berada pada usia sekolah; tidur ternyata juga memiliki efek langsung terhadap prestasi mereka di sekolah.

Berikut ini beberapa manfaat yang dapat diperoleh seorang anak karena memiliki pola tidur yang teratur dengan durasi yang cukup. Anak pada usia sekolah masih mengalami perkembangan otak yang aktif; tidur yang cukup akan memberikan perkembangan otak yang optimal. Hal ini akan berdampak langsung pada kecerdasaan dan kemampuan berpikir seorang anak.

Seorang anak yang cerdas dan kreatif anak dengan cepat merespon masalah dan berusaha menemukan solusi dengan cepat. Hal tersebut jika disertai dengan kemampuan berpikir yang baik akan memiliki peluang lebih tinggi untuk mampu menyerap pelajaran dengan lebih cepat sehingga memiliki prestasi yang baik di sekolah.

Selain kaitan kualitas tidur dengan perkembangan otak dan kecerdasan; durasi tidur yang cukup secara teratur juga akan membawa kestabilan bagi anak terkait dengan emosi, kontrol serta meningkatnya kewaspadaan dan konsentrasi. Hal – hal tersebut juga memiliki kontribusi penting bagi prestasi anak di sekolah.

Kewaspadaan dan konsentrasi akan berdampak pada daya serap anak terhadap pelajaran yang diberikan. Sementara itu stabilitas emosi juga akan berdampak pada kemampuan berinteraksi dan bersosialisasi seorang anak ketika berada di sekolah dan harus berinteraksi dengan teman serta guru. Emosi yang terkendali serta konsentrasi yang terjaga akan membuat anak nyaman ketika belajar di sekolah dan secara optimal menyerap pelajaran yang diberikan.

Menambahkan waktu tidur antara 25 hingga 30 menit bagi anak usia sekolah atau berada di kisara usia 6 hingga 12 tahun akan memberikan dampak yang cukup signifikan pada prestasi seorang anak. Hal tersebut berkaitan langsung dengan kemampuan anak mengendalikan emosi dan juga konsentrasi di sekolah serta mendapatkan manfaat maksimal dari tidur sebagai waktu untuk tumbuh dan berkembangnya otak serta tubuh anak.

Seorang anak yang mengalami kurang tidur biasanya akan mengalami kesulitan berkonsentrasi serta memiliki emosi yang tidak stabil ketika berada di sekolah. Mereka akan menjadi cepat lelah dan mengalami penurunan daya serap terhadap pelajaran serta kemampuan menyelesaikan masalah yang diberikan sebagai bagian dari pelajaran di sekolah.

( Dirangkum Dari : webmd.comsleepfoundation.org )

Lihat Juga :

” HEMAT Uang Anda Yang Berharga ! “

Promo Aneka Kasur dan Spring Bed Dari Berbagai Merek  Terpercaya Favorit Anda

Diskon Dimulai Dari 40% Up To 50% – Hemat Sampai Jutaan Rupiah

( Bergaransi Resmi 12 – 15 Tahun + 100% Baru )

 Airland – Diciptakan Oleh Dokter dan Ahli Tulang Belakang – The Best For Your Health :

Aneka Kasur Spring Bed Lucu dan Sangat Nyaman Untuk Buah Hati Anda Tercinta :

Beberapa Contoh TESTIMONI & Alamat Showroom :

galleria furniture testimoni 3

>> Silahkan KLIK DISINI Untuk Melihat Lebih Banyak TESTIMONI Kami >>>