Kurang Tidur Tidak Baik Untuk Kesehatan

Siapa orang yang akan menolak untuk tidur ? apalagi ketika mata terasa sangat berat untuk dibuka lebar-lebar, pundak terasa ada yang menekan dan kepala berputar-putar hingga terasa melayang. Yupz! Itu adalah pertAnda bahwa tubuh kita sudah lelah menjalani aktifitas yang tiada hentinya dan saatnya untuk tidur. Tetapi, tuntutan hidup yang semakin tinggi, kerap kali membuat orang mengesampingkan satu kebutuhan itu.

Ada beberapa orang yang sengaja mengkonsumsi obat-obatan untuk mencegah rasa kantuk demi terselesainya pekerjaan. Memang, dengan begitu seluruh pekerjaan akan tertangani, tetapi siapa yang memikirkan bagaimana lelahnya tubuh kita? Otak kita? Dan seluruh sel-sel tubuh yang memerlukan istirahat tidur. (* Baca Juga : Suplemen Tidur Alami : Melatonin, Valerian )

Sehat Dengan Tidur

Manusia berlomba-lomba untuk sehat, menkonsumsi jus buah, sayuran, dan vitamin demi kesehatan tak lupa melakukan chek up rutin setiap bulannya. Tahukah Anda, tidak perlu serumit itu jika Anda ingin sehat. Kuncinya cukup penuhi kebutuhan tubuh dengan seimbang termasuk kebutuhan tidur. Faktanya, kebutuhan istirahat tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang diatur pemenuhannya dalam dunia kesehatan. Itu artinya jika Anda kurang tidur menyebabkan tubuh kurang sehat. (* Baca Juga : Manfaat Penting Tidur Yang Tidak Dapat Anda Abaikan )

Gangguan Pola Tidur

Gangguan kurang tidur adalah dimana seseorang mengalami gannguan ketika proses tidur. Baik itu ketidakmampuan seseorang untuk tidur atau justru seseorang dengan waktu tidur terlalu lama. Yang akan dibahas dalam artikel ini adalah gangguan kurang tidur, dimana bila seseorang tidak dapat tidur sama sekali (insomnia) atau tidur dengan waktu kurang dari normal. Waktu tiduryang kurang secara perlahan akan mempengaruhi fungsi tubuh kita mulai dari fungsi otak hingga organ-organ lainnya. Biasanya hal tersebut memerlukan terapi yang cukup intens untuk mengobati gangguan-gangguan yang muncul. (* Baca Juga : Bahaya Insomnia dan Tips Untuk Mengatasinya )

Akibat Kurang Tidur

Kurang tidur yang berkelanjutan menyebabkan berbagai macam gejala negatif didalam tubuh. Seperti lambat laun kepala akan terasa pusing berputar-putar dan terasa melayang. Ditambah lagi dengan peningkatan pompa jantung sehingga tekanan darah juga ikut meningkat. Tekanan darah yang meningkat menyebabkan konsentrasi seseoraang akan berkurang. Lebih parah lagi, konsentrasi yang berkurang bisa memunculkan halusinasi-halusinasi alam bawah sadar yang mengganggu. Bila seseorang sudah mengalami gejala-gejala seperti diatas, sudah dapat dipastikan sedang mengalami gangguan pola tidur yang harus segera ditangani.

Menangani Gangguan Pola Tidur

Menangani gangguan karena kurang tidur tidak semudah meminum obat tidur agar bisa tertidur dengan nyaman. Dalam sekejap mungkin akan dapat tertidur, tetapi gejala seperti peningkatan tekanan darah, kurangnya konsentrasi dan halusinasi memerlukan terapi tertentu dari dokter kesehatan Anda dan memerlukan waktu yang sedikit lama untuk menghilangkan gejala-gejala tersebut.  (* Baca Juga : Tips Memilih Tempat Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan Anda )

Pada intinya perlu waktu dan kesabaran untuk mengembalikan status kesehatan Anda karena kurang tidur. Maka dari itu akan lebih baik jika Anda mencegah hal tersebut terjadi dengan cara beristirahat yang cukup, dengan situasi yang tenang. Selain meningkatkan kesehatan fisik Anda juga akan mempengaruhi mood Anda menjadi lebih baik.

Artikel Singkat, Praktis, dan Bermanfaat Lainnya Untuk Anda : 

Save Your Money :

KING KOIL – Merek Spring Bed Terbaik Untuk Tidur Nyenyak dan Sehat Anda Setiap Malam Dengan HARGA DISKON :