Kurang Tidur Dapat Menurunkan Konsentrasi

Manusia adalah makhluk yang membutuhkan tidur, bahkan sepertiga dari hidup manusia digunakan untuk tidur. Memang, tidur adalah kebutuhan pokok bagi manusia bahkan juga makhluk hidup lainnya.  Tidur juga merupakan aktivitas yang manusia rutin lakukan, tidur memang lebih banyak dilakukan malam hari.

Bahkan malam hari disebut-sebut sebagai jam efektif untuk mengistirahatkan pikiran dan mengistirahatkan jasmani setelah melakukan aktifitas seharian. Tidur siang tidak akan bisa menggantikan tidur malam. Meski orang yang bergadang pada malam harinya dan kemudian tidur seharian di siang hari, energinya tidak akan kembali atau badannya tidak akan merasa bugar kembali.

Karena malam hari merupakan jam yang paling efektif untuk tidur dan istirahat. Kebutuhan akan tidur bagi manusia haruslah terpenuhi, dan kesadaran untuk menjaga jam tidur yang cukup perlu ditingkatkan. Sebab jika tidak terpenuhi, akan menimbulkan efek yang buruk bagi kesehatan bahkan bisa mempertaruhkan nyawa atau keselamatan. Kurang tidur menyebabkan berbagai penyakit kronis, selain itu kurang tidur menurunkan konsentrasi bahkan bisa membuat hilangnya konsentrasi.

Kurang tidur menurunkan konsentrasi karena kondisi fisik yang kurang tidur akan mengalami kelelahan dan fokus untuk mengerjakan pekerjaan menjadi berkurang atau bahkan hilang. Orang yang kurang tidur saat bangun dari tidurnya akan merasakan kelelahan yang amat sangat. Mulai dari badan pegal, pikiran pusing dan badan Anda akan merasakan panas di seluruh tubuh. Memang orang yang bergadang, suhu tubuhnya akan menjadi panas.

Sangat tidak dianjurkan bagi orang yang habis bergadang langsung mandi, karena hal ini akan memicu kematian. Suhu tubuh orang yang bergadang adalah panas, berbeda atau berkebalikan dengan suhu air yang dingin. Bisa dibayangkan, bagaimana kondisinya jika panas bertemu dingin.

Tidur yang cukup sangat dianjurkan bagi orang yang ingin kesehatan tubuh dan konsentrasinya stabil. Konsentrasi seseorang akan tidak stabil jika kurang tidur. Dampak yang lebih parah jika terus kurang tidur adalah kepikunan. Tak jarang saat ini, banyak anak muda yang mudah lupa atau pikun. Hal itu menunjukkan bahwa ada yang salah dengan dirinya.

Dalam penelitian yang dilakukan olehpara Ahli di Amerika mengatakan bahwa kurang tidur akan memperngaruhi memori manusia, akibatnya daya ingat di memori akan berkurang atau menurun. Bagi pelajar, hilangnya konsentrasi ini tentu akan mempengaruhi kegiatan belajarnya di bangku sekolah. Jika belajar di dalam kelasnya terganggu, tentu akan mempengaruhi prestasinya di sekolah mengingat banyaknya pelajaran yang menuntut akan daya ingat seseorang. (* Baca Juga : Pentingnya Tidur Bagi Kemampuan Penyimpanan Memori )

Untuk pekerja, hilangnya konsentrasi juga berpengaruh terhadap hasil kerjanya. Setiap pekerjaan akan menuntut konsentrasi pekerjanya, salah satu pekerjaan yang menuntut konsentrasi adalah sopir. Bagaimana jadinya jika seorang sopir kehilangan konsentrasinya. Perjalanan yang dia lakukan akan menjadi hal yang menakutkan dan membahayakan keselamatan dirinya. Mulailah atur jam tidur Anda, jangan kurang dari enam jam perhari. Tubuh setidaknya memerlukan enam sampai delapan jam perhari untuk tidur.

Artikel Singkat, Praktis, dan Bermanfaat Lainnya Untuk Anda :

HEMAT Uang Anda :

Promo Sofa Dengan Harga Terjangkau

jual sofa amora bandung toko sofa murah bandung sofa mewah terjangkau bandung

Lihat Juga Produk Spring Bed Best Seller Kami :

kasur spring bed Airland Allegro Air matras spring bed Elite Dr.Smart kasur spring bed KingKoil Natural Response

Beberapa Contoh TESTIMONI :

testimoni toko kasur paling murah - galleria furniture

>>> Silahkan Lihat Lebih Banyak TESTIMONI Galleria Furniture. KLIK DISINI..