Harga Spring Bed King Koil | 7 Dampak Negatif Kurang Tidur Pada Anak

Daftar Harga DISKON, Gambar, dan Spesifikasi Kasur Springbed King Koil :

Informasi Penting : 

7 Dampak negatif Kurang Tidur Yang Sangat Merugikan Anak Anda

Terkadang ada suatu masa dimana anak-anak mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi dalam mengerjakan berbagai tugas pelajaran sekolah maupun aktivitas harian yang memerlukan fokus dan konsentrasi. Dan gangguan prilaku ini berkaitan dengan dampak negatif dari kurangnya waktu tidur seorang anak yang didalam ilmu psikologi disebut dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD).

Normalnya untuk anak usia sekolah memerlukan waktu tidur sekitar 10-12 jam per hari, namun ternyata kegiatan seperti menonton TV, bermain game, mengerjakan tugas sekolah (PR), aktivitas olahraga dan kurangnya perhatian dari orang tua karena kesibukan dapat memberikan kontribusi kurangnya waktu tidur seorang anak.

Berikut ini 7 dampak negatif kurang tidur pada anak yang perlu Anda pahami, yaitu :

1.     Timbulnya rasa ngantuk saat belajar di kelas dan mengakibatkan mereka mengalami penurunan daya tangkap dan konsentrasi terhadap berbagai informasi dan pengetahuan yang diberikan oleh guru. (* Baca Juga : Manfaat Penting Tidur Bagi Prestasi Anak di Sekolah )

2.     Cenderung bertempramen tinggi (pemarah) dan mudah tersinggung serta terkadang bersikap hiperaktif karena kurang tidur dan membuat fisik dan psikisnya menjadi kelelahan.

3.     Terjadi penurunan IQ dan daya tangkap karena kurang tidur dapat mengganggu perkembangan otak secara maksimal dan yang paling parah dapat membuat anak-anak mudah kehilangan memorinya (pelupa). Karena itu semakin cepat seorang anak tidur setelah belajar saat jelang ujian, maka semakin besar potensi kemampuannya mengingat kembali besok hari. (* Baca Juga : Bagaimana Tidur Dapat  Meningkatkan Kecerdasan Anak )

4.     Mengalami gangguan emosional (cemas dan depresi) karena meningkatnya hormon stress kortisol yang mengakibatkan anak merasa khawatir, sedih, marah, lelah, bahkan mual sepanjang waktu. Karena mereka masih kecil dan belum mengetahui bagaimana cara menangani emosi negatif ini maka mereka akan cenderung memilih untuk menangis, kehilangan percaya diri, ketakutan dan kehilangan seluruh harapannya. (* Baca Juga : Pengaruh Buruk Kurang Tidur Dalam Kehidupan Sehari-Hari Anak )

5.     Menjadi pemicu berkembangnya ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) yaitu sebuah masalah gangguan tidur yang membuat anak sering bangun pada malam hari dan dapat mengakibatkan anak mengalami perilaku sulit berkonsentrasi dan memusatkanperhatian mereka terhadap sesuatu hal.

6.     Mengalami masalah dengan berat badan yang cenderung mengalami obesitas karena cenderung merasakan rasa lapar saat mengalami kesulitan tidur, bahkan menurut penelitian mengemukakan bahwa anak-anak yang mengalami gangguan tidur (kurang tidur) 92 persen beresiko mengalami kegemukan pada saat dewasa nanti dibandingkan dengan anak-anak yang memiliki waktu tidur yang cukup. (* Baca Juga : Petunjuk Untuk memahami tidur siang anak Anda )

7.     Beresiko terkena diabetes karena dapat mempengaruhi kinerja penyerapan glukosa, kurang tidur selama 7 hari berturut-turut dapat mempengaruhi terjadinya resistensi insulin, sehingga dapat meningkatkan resiko terkena diabetes tipe 2 dimasa depan.

Ada beberapa cara yang dapat orang tua lakukan untuk berusaha membuat anak-anak yang mengalami masalah tidur menjadi lebih cepat tidur yaitu dengan menggelapkan ruangan kamar, membatasi waktu bermain dengan gadget atau game, menemani mereka tidur sambil bercerita saat mereka gelisah atau memiliki masalah agar mereka bisa membagi masalah yang sedang mereka pikirkan.

(Dirangkum dari : aboutkidshealth.ca , nymag.com )

Artikel Bermanfaat Lainnya Untuk Anda : 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>