Harga Spring Bed Comforta- & Cara Efektif Mendapatkan Tidur Berkualitas

Silahkan Lihat Daftar Harga DISKON Kasur Spring Bed Comforta :

Tips Untuk Mendapatkan Tidur Berkualitas

Kualitas tidur yang kita miliki akan menentukan kualitas kinerja kita dalam satu hari. Tidur sendiri meurpakan hal yang paling pokok dalam kehidupan kita. Karena pada saat tidur, tubuh kita akan melakukan perbaikan-perbaikan terhadap metabolisme tubuh.

Dirangkum dari pendapat para ahli, tidur dapat diartikan sebagai suatu keadaan bawah sadar dimana tubuh beristirahat dengan tenang dan metabolisme menurun sedangkan keadaan otak bekerja ketika sedang bermimpi dibandingkan dengan aktivitas siang hari.

Tidur dibagi menjadi dua fase yaitu perge. rakan mata cepat (rapid eye movement/REM) dan pergerakan mata yang tidak cepat (non rapid eye movement/NREM). Mulanya tidur diawali dengan fase pergerakan mata yang tidak cepat yang terdiri dari empat stadium yang berlangsung selama 70-100 menit, yaitu stadium satu sampai stadium empat.

Tidur stadium satu merupakan tidur yang dangkal dan dapat dengan mudah dibangunkan. Pada stadium ini mata akan bergerak perlahan dan aktivitas otot melambat. Sedangkan tidur stadium dua berlangsung ketika denyut jantung melambat dan suhu tubuh menurun serta gerakan bola mata berhenti.

Stadium selanjutnya atau stadium ketiga orang yang tidur mulai sulit dibangunkan. Ketika terbangun karena kaget, orang akan merasa bingung karena belum dapat menyesuaikan diri. Stadium terakhir dari fase awal tidur ini adalah stadium empat. Stadium ini merupakan proses tidur yang paling dalam sehingga kerja otak semakin lambat.

Setelah melewati fase pergerakan mata yang tidak cepat, kita akan mulai memasuki fase pergerakan mata yang cepat. Pada fase ini gerakan mata ke segala arah dengan keadaan mata yang tertutup. Selain mata, nafas juga menjadi lebih cepat dan tidak teratur serta denyut jantung dan denyut nadi meningkat.

Selain fase tidur yang kita lewati selama kita tertidur, ada beberapa cara efektif yang bisa kita lakukan agar tidur yang kita lakukan menjadi berkualitas dan membawa rasa nyaman dalam tubuh kita :

  • Pertama yang perlu diperhatikan adalah kasur. Jika kasur kita terbuat dari kapuk, usahakan untuk menggantinya bila kasur sudah tua. Cara lain yang bisa kita lakukan adalah dengan rajin atau secara rutin menjemur kasur di bawah sinar matahari. Agar kasur bernafas dan kapuk mengembang kembali.
  • Kedua, matikan lampu kamar agar badan merasa nyaman. Dengan mematikan lampu, kita akan membantu tubuh memproduksi hormone yang akan memberikan kualitas tidur yang baik bagi tubuh kita.
  • Langkah ketiga yang dapat kita lakukan adalah dengan menjauhkan telepon dari tubuh kita. Atau usahakan agar tidak menerima telepon ketika kita sedang tidur. Hal ini dikarenakan, kita akan membangun mode siaga pada otak kita akibatnya kita akan sulit untuk tertidur. Jika memang harus mengangkat telepon sebelum tidur, usahakan memberi jeda waktu setengah atau 1 jam sebelum kita tertidur. Ini dapat membuat otak menjadi tenang dan kita akan mudah tertidur.

Artikel Bermanfaat Lainnya Untuk Anda :