Harga Matras King Koil | Meningkatnya Resiko Diabetes Akibat Kurang Tidur

Daftar Harga DISKON, Gambar, dan Spesifikasi Kasur Spring Bed King Koil :

 Penting Anda Ketahui : 

Resiko Diabetes Sebagai Akibat Kurang Tidur

Hampir semua makhluk hidup membutuhkan tidur untuk mengistirahatkan segala sel yang ada di tubuhnya. Dan ternyata banyak penelitian yang menunjukkan bahwa tidur yang cukup dan juga sehat memberikan kontribusi yang sangat penting untuk segala aspek kehidupan manusia.

Salah satunya adalah tidur yang cukup akan mampu menghindarkan manusia dari serangan penyakit diabetes yang berbahaya dan mematikan. Mengapa demikian?

Penelitian membuktikan bahwa terlalu sedikit tidur justru akan meningkatkan resiko untuk terkena penyakit gula darah atau diabetes.

Para peneliti menyebutkan bahwa mereka yang kurang tidur bahkan beresiko terkena dua jenis penyakit diabetes. Dan bagi mereka yang sudah terkena penyakit diabetes, hilangnya kemampuan untuk tidur justru akan semakin menurunkan kontrol gula darah pada tubuh. (* Baca Juga : Bagaimana Tidur Dapat Menjaga Kesehatan Jantung Anda )

Bukti Kurang Tidur Memicu Diabetes

Dengan tidur atau beristirahat yang cukup, maka ghrelin atau hormon yang membuat merasa lapar akan turun. Pada saat yang sama leptin atau hormon yang membuat sensasi penuh atau kenyang akan naik.

Sebaliknya jika tidak tidur maka ghrelin akan naik dan leptin akan turun sehingga kemungkinan besar untuk makan di saat tengah malam akan semakin besar bagi mereka yang mengalami gangguan tidur. Selain itu insulin di dalam tubuh juga akan bereaksi. Insulin adalah hormon yang membantu untuk mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh.(* Baca Juga : Fakta Mengejutkan Tentang Kurang Tidur Yang Perlu Anda Ketahui )

Jika seseorang mengalami gangguan tidur, maka gula darah akan mengalami kenaikan melebihi tingkat normal. Akibatnya resiko diabetes akan terdeteksi pada mereka yang mengalami gangguan tidur. (* Baca Juga : Tiga Cara Mudah Untuk Membantu Anda Tidur Nyenyak Setiap Malam )

Penjelasan serupa juga dijelaskan oleh Knutson. Dia menunjukkan bukti dari studi Lancets pada tahun 1999 yang dilakukan oleh Universitas Chicago. Para peneliti menemukan bahwa tingkat gula darah para pemuda yang diberikan waktu untuk tidur selama empat jam setiap hari selama seminggu ternyata kadar glukosa mereka menjadi tidak seimbang.

Kadar darah para responden tersebut meningkat tajam. Gangguan tidur juga menimbulkan terjadinya resistensi insulin sehingga insulin tidak bisa membantu untuk mengubah glukosa menjadi sel untuk mendapatkan energi tubuh. Dengan demikian sudah jelas gangguan tidur bisa memicu diabetes.

Begadang vs Camilan Sehat

Penelitian tersebut juga didukung dengan kemungkinan seseorang yang tidak bisa tidur akan cenderung memakan camilan yang tidak sehat. Daripada memilih memakan sayuran atau buah-buahan segar, maka seseorang akan cenderung memilih makanan yang banyak mengandung garam, gula dan juga berkarbohidrat tinggi sehingga resiko diabetes akan semakin tinggi.

Karena itu sangat penting untuk menjaga agar tidur anda selalu nyenyak dan cukup setiap hari. Ingat, bukan hanya diabetes yang mengintai jika anda mengalami gangguan tidur. Namun banyak sekali berbagai macam penyakit berbahaya lainnya yang tidak akan segan merenggut jiwa anda jika anda tidak menghentikan kebiasaan buruk untuk begadang setiap malam.

Pastikan anda tidur teratur setiap malam agar anda memiliki waktu tidur yang lebih terkontrol dan lebih teratur dan dapatkan hidup yang lebih sehat dengan lebih banyak tidur.

(Dirangkum dari : psychologytoday.comlivescience.com )

 Artikel Singkat, Praktis, dan Bermanfaat Lainnya :