Harga Kasur King Koil | Sleep 101 : Otak Lebih Cerdas Dengan Tidur Cukup

Gambar, Spesifikasi, dan Daftar Harga DISKON Spring Bed King Koil :

 

What You Must Know About Sleep : 

Manfaat Positif Tidur Untuk Membuat Otak Anda Lebih Cerdas

Tidur di kelas saat sedang berlangsungnya pelajaran tentunya tidak akan membuat cerdas para pelajar. Namun ternyata banyak penelitian yang menunjukkan bahwa jika Anda ingin lebih cerdas dan lebih berhasil dari segi akademis, maka lebih banyak tidur ketika malam hari justru bisa membantu Anda untuk menjadi lebih berprestasi. Apa hubungannya?

Memori Lebih Meningkat Tajam

Dengan memiliki waktu tidur yang lebih banyak maka pikiran Anda akan memiliki waktu yang lebih banyak pula untuk beristirahat. Ketika Anda terbangun dari tidur lama yang berkualitas maka otak Anda akan mampu menangkap dan mencerna semua informasi dengan jauh lebih mudah.

Akibatnya ingatan Anda juga akan menjadi jauh lebih tajam. Senada dengan hal ini maka waktu yang paling tepat untuk belajar atau menghafal adalah setelah bangun tidur karena pada saat itu otak berada pada saat terbaiknya dan lebih mampu menangkap informasi dengan baik.

Selain itu jika memiliki kesempatan untuk tidur siang, maka tidur siang juga merupakan langkah tepat untuk membantu meningkatkan kecerdasan. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 menunjukkan bahwa dengan tidur siang selama sekitar 45 menit maka responden akan mampu memiliki daya ingat yang jauh lebih baik dari mereka yang tidak tidur siang. Dan bagi pekerja, tidur siang juga justru dapat membantu peningkatan produktivitas dalam bekerja.

Lebih Kreatif

Dengan tidur yang cukup Anda bukan hanya akan menjadi lebih cerdas namun juga jauh lebih kreatif. Hal ini juga berlaku bagi para pekerja yang mendapatkan waktu tidur yang baik. Ketika mendapatkan tidur yang berkualitas maka otak akan menjadi jauh lebih kuat dan memori juga akan dapat terekstrukturisasi dengan baik.

Hal ini sangat membantu dalam menciptakan sisi kreativitas seseorang. Bagi Anda yang bekerja dalam bidang kreatif, hentikan begadang malam dan dugem atau pesta-pesta jika Anda ingin mendapatkan ide segar yang brilian untuk proyek-proyek Anda selanjutnya. Hanya dengan tidur yang cukup dan berkualitaslah kreativitas Anda akan bisa terbentuk dengan baik.

Akan jauh lebih baik lagi jika tidur Anda yang cukup dan juga berkualitas tersebut diimbangi dengan olahraga teratur dan juga konsumsi makanan sehat. Dengan cara ini maka otak Anda tidak akan menjadi jauh lebih cerdas dan cemerlang, namun harapan hidup Anda akan jauh lebih baik lagi karena berbagai masalah penyakit berbahaya juga akan dapat lebih mudah dihindari.

Lebih jauh lagi, menurut suatu penelitian di Journal Sleep pada tahun 2010 ada indikasi bahwa anak-anak yang memiliki masalah gangguan pernapasan tidur seperti misalnya mendengkur dan juga gejala sleep apnea menunjukkan indikator adanya gangguan dalam proses belajar mereka. Dengan demikian mereka yang memiliki tidur yang lebih berkualitas cenderung tidak terlalu memiliki masalah dalam proses belajar di sekolah dan memiliki nilai akademis yang jauh lebih baik.

( Dirangkum dari : uphs.upenn.edu , journalsleep.org )

Artikel Singkat, Praktis, dan Bermamfaat Lainnya :