Harga Kasur King Koil | Beberapa Akibat Tidur Berlebihan

Daftar Harga DISKON, Gambar, dan Spesifikasi Kasur Spring Bed King Koil :

Penting Untuk Anda Ketahui : 

Beberapa Akibat Tidur Berlebihan

Gangguan tidur dan lelah yang teramat sangat dapat menyebabkan rasa kantuk yang berlebihan. Pada umumnya, orang yang mengalami gangguan tidur pada malam hari atau insomnia dan lelah yang teramat sangat akan tidur dalam waktu yang sangat lama, bahkan melebihi rata-rata waktu tidur normal, yaitu 7-9 jam perhari.

Selain gangguan tidur dan kelelahan, tidur berlebihan juga disebabkan oleh setres dan juga depresi, karena orang yang terkena setres atau depresi merasa tidak ingin beraktivitas apa-apa dan tidak memiliki semangat hidup, jadi mereka lebih memilih untuk tidur. Tidur memang membuat tubuh menjadi sehat, namun apabila tidur dilakukan secara berlebihan akan membuat tubuh menjadi tidak sehat dan dapat membahayakan.

Tidur berlebihan dapat berdampak pada fisik dan psikologis. Beberapa akibat tidur berlebihan yang ditimbulkan secara fisik :

1.   Tidur berlebihan dapat menimbulkan sakit kepala. Saat tidur dalam waktu yang sangat lama membuat orang lupa makan dan minum, sehingga otak akan kekurangan oksigen dan darah menjadi tidak lancar, sehingga menyebabkan sakit kepala.

2.   Orang yang tidur berlebihan akan meningkatkan resiko terkena diabetes. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidur melebihi batas normal waktu tidur lebih beresiko diabetes. Tidur berlebihan juga dapat disebabkan oleh diabetes.

3.   Selanjutnya, tidur berlebihan dapat memicu penyakit jantung, kerja jantung menjadi tidak beraturan karena jantung kurang dilatih dengan olah raga akibat tidur berlebihan. (* Baca Juga : Bagaimana Tidur Dapat Menjaga Kesehatan Jantung Anda )

4.   Daya ingat menurun juga merupakan akibat dari terlalu banyak tidur. Tidur yang dilakukan selama lebih dari 9 jam dapat mempengaruhi kerja otak, dimana hal tersebut dapat menghambat fungsi otak, sehingga menyebabkan hilangnya memori yang menimbulkan kepikunan.

5.   Tidur berlebihan dapat menyebabkan nyeri punggung karena dalam tidur, aktivitas yang dilakukan juga tidak banyak, maka punggung menjadi kaku dan nyeri. (* Baca Juga : Tips memilih kasur bagi mereka yang memiliki nyeri pada tulang belakang )

6.   Kegemukan atau obesitas menjadi salah satu akibat tidur berlebihan karena saat tidur secara berlebihan, tubuh akan sulit untuk mengendalikan pembakaran lemak karena ke pasifan gerakan saat tidur. Jadi lemak akan menumpuk dan menyebabkan kegemukan atau obesitas. (* Baca Juga : 18 tips mudah untuk menurunkan berat badan )

Selain dampak fisik dari akibat yang ditimbulkan saat tidur berlebihan, hal tersebut juga berakibat pada sisi psikologis, yaitu mudah emosi dan marah karena merasa lelah dan malas untuk beraktivitas, dimana tubuh telah dibiasakan tidur berlebihan. Kemudian, tidur berlebih juga menyebabkan menurunnya tingkat sosialisasi terhadap lingkungan sekitar.

Tidur dalam jangka waktu yang lama menyebabkan kurangnya keterlibatan sosial di lingkungan sekitar yang lama kelamaan akan menjadi malas dan bahkan kehilangan minat untuk bersosialisasi terhadap lingkungan sekitar. Hal tersebut nantinya akan sangat mempengaruhi kepribadian, seperti menjadi pribadi yang malas, kurang memiliki semangat, kurang peka terhadap sesama dan sebagainya.

( Dirangkum dari : webmd.boots.com , health.harvard.edu )

Artikel Singkat, Praktis, dan Bermanfaat Lainnya Untuk Anda : 

Lihat Juga Contoh-Contoh Desain Interior Kami :

interior desainer bandung