Harga Kasur Comforta | 5 Hal Unik Yang Terjadi Saat Tidur

Silahkan Lihat Daftar Harga DISKON Kasur Spring Bed Comforta :

Informasi Penting Bermanfaat :

5 Hal Unik Yang Terjadi Saat Tidur

Tidur yang cukup bisa jadi menjadi garansi bagi kesehatan Anda. Hal ini karena begitu banyaknya manfaat tidur bagi kesehatan. Jika Anda sudah terbiasa memiliki siklus dan waktu tidur yang teratur, kemudian Anda memiliki satu hari dimana kebiasaan tidur Anda terganggu, bisa jadi Anda langsung merasakan dampaknya. Pertanyaan yang sering muncul adalah, apa yang terjadi pada tubuh saat kita tidur? Sehingga membuat tidur memiliki efek kesehatan yang luar biasa pada tubuh.

1. Gelombang otak

Tidur bukanlah sebuah proses yang terjadi dengan cepat. Menurut para ahli, otak memiliki gelombang otak yang berbeda-beda. Gelombang otak ini memiliki fungsi berbeda dan mucul saat situasi berbeda. Ada gelombang otak yang membuat kita terjaga dan tetap focus. Sebaliknya ada waktu dimana gelombang otak kita turun dan membuat seseorang mengantuk dan tidur nyenyak.

Proses tidur nyenyak ini terjadi ketika gelombang otak berada pada level yang paling rendah. Kondisi ini sering disebut dengan ‘deep sleep’ dan membuat tidur Anda berkualitas.

2. Mata

Saat tidur dalam keadaan ‘deep sleep’ terjadi peristiwa yang disebut ‘rapid eye movement’ atau REM. Mata kan bergerak dengan cepat selama 30 menit, dan terulang setelah 90 menit. Kondisi ini memungkinkan seseorang mengalami mimpi, dan REM menjadi indikasi kualitas tidur yang baik sehingga tubuh benar-benar rileks. Jadi mimpi juga bisa menjadi indikasi kualitas tidur yang baik.

3. Jantung dan Darah

Selama tidur, denyut jantung dan tekanan darah turun sampai sekitar 10%. Orang yang tidur 7-8 jam setiap malamnya memiliki risiko terendah terkena serangan penyekit jantung. Penelitian terhadap orang-orang di Norwegia menyatakan, bahwa penderita insomnia memiliki risiko serangan jantung 45% lebih tinggi.

4. Hormon tubuh

Sat tidur, hormone pertumbuhan dilepaskan. Kondisi ini meningkatkan massat otot dan perbaikan sel dan jaringan. Kurang tidur bisa memicu obesitas karena terjadi ketidakseimbangan antara hormone dan nafsu makan.

Tidur yang berkualitas kan meningkatkan hormone ghrelin, yang memicu nafsu makan dan meningkatkan kadar hormone leptin yang mengatakan pada tubuh bahwa Anda sudah cukup makan.

5. Otak

Tidur menjadi sangat pentinda bagi otak, terutama baigan cerebral cortex, bagian otak yang bertanggungjawab dalam berpikit. Kurang tidur akan membuat tubuh menjadi mudah untuk terganggu untuk hal-hal kecil, kurang fleksibel dalam berpikir dan kurang mampu beradaptasi dalam situasi dan kondisi yang tidak diharapkan.

6. Sistem Kekebalan Tubuh

Kurang tidur juga akan mengganggu kemampuan system kekebalan tubuh. Membuat tubuh mejadi lebih mudah terserang penyakit, terutama batuk dan flu. Peneliti dari Carnegie Mellon University menemukan fakti bahwa tidur kruang dari 7 jam sehari menurunkan kemambuan tubuh dalam memproduksi antibodi.

( Sumber : medscape.orgsleepfoundation.org )

Informasi Penting Bermanfaat Lainnya Untuk Anda :