Fungsi dan Peran Penting Tidur Bagi Ibu Hamil | Pusat Spring Bed Bandung

Pentingnya Cukup Tidur Saat Hamil

Sebagian besar ibu hamil biasanya mengalami masalah sulit tidur. Beberapa penyebabnya misal karena rasa mual khususnya pada trimester pertama, rasa sesak nafas akibat perut yang makin membucit, dan lain sebagainya. Perut yang buncit dan besar pun sering menjadi salah satu sebab ibu hamil sulit mendapat posisi tidur yang nyaman.

Beberapa kondisi tersebut cukup normal sebenarnya, hanya saja jangan sampai dijadikan kebiasaan atau alasan kurang tidur. Pada masa hamil waktu tidur memang tidak boleh kurang. Perlu diketahui, bila ibu hamil memiliki waktu tidur yang kurang dapat menyebabkan terjadinya preeklampsia.

Preeklampsia sendiri merupakan suatu kondisi meningkatnya tekanan darah pada masa kehamilan. Berdasarkan hasil penelitian didapati bahwa ibu hamil yang memiliki waktu tidur kurang dari 6 jam tiap malamnya pada trimester yang pertama akan memiliki tekanan darah sistolik 4 mm/Hg lebih tinggi. Hal ini tentu saja dapat meningkatkan risiko terjadinya preeklampsia 9 kali lipat.

Berdasarkan hasil riset Center for Perinatal Studies di Amerika, selama masa kehamilan risiko preeklampsia memang senantiasa ada. Preeklampsia sendiri memiliki gejala yang cukup khas. Beberapa gejala yang tampak menonjol adalah tekanan darah yang cenderung meningkat.

Selain itu, didapati pula beberapa gejala lain misal seperti ditemukannya kandungan protein dalam air seni ibu hamil, terjadi pembengkakan pada beberapa bagian tubuh karena adanya penumpukan cairan, pandangan menjadi kabur, sakit kepala menyiksa, dan mual yang disertai rasa ingin muntah. Adapun bila beberapa gejala tersebut muncul, Anda patut waspada dan segera lakukan pemeriksaan pada dokter kepercayaan.

Waspadai Preeklampsia

Preeklampsia jelas harus diwaspadai. Mengapa demikian? Preeklampsia diketahui dapat menyebabkan plasenta tidak mendapat suplai darah dalam jumlah yang memadai. Akibatnya bayi yang di kandung terancam lahir dengan berat badan kurang atau rendah.

Tetapi, Anda tidak perlu khawatir. Sebagian besar ibu hamil yang terkena preeklampsia masih dapat melahirkan bayi sehat dan selamat. Bagaimana caranya? Caranya yakni tidak lain dengan mendekteksi preeklampsia.

Preeklampsia dapat dideteksi sejak dini dengan memahami gejala-gejala yang sudah disebutkan di atas. Hal ini penting supaya tidak terjadi masalah lebih serius yang berkemungkinan membahayakan ibu dan janin dalam kandungan. Tentu Anda ingin bayi lahir sehat dan selamat bukan. Adapun untuk meminimalisir dampak dari preeklampsia berikut ada beberapa hal yang dapat dilakukan:

  •  Perbanyak waktu istrirahat
  • Miliki tidur yang cukup dan berkualitas, ingat tidur yang cukup tidak kurang dari 6 jam dan tidak lebih dari 8 jam
  • Rajin melakukan check up secara rutin ke dokter kandungan sebelum masa kelahiran
  • Perbanyak minum air putih paling tidak 6-8 gelas setiap hari
  • Mengurangi kadar gula yang dikonsumsi

( * Dirangkum dari : sleepfoundation.orgconsumer.healthday.com , sleepfoundation.org/sleep-topics/pregnancy-and-sleep )

Artikel Singkat, Praktis, dan Bermanfaat Lainnya Untuk Anda : 

Promotion :  

HEMAT Uang Anda :

Promo Sofa Dengan Harga Terjangkau

jual sofa amora bandung toko sofa murah bandung sofa mewah terjangkau bandung

Lihat Juga Produk Spring Bed Best Seller Kami :

kasur spring bed Airland Allegro Air matras spring bed Elite Dr.Smart kasur spring bed KingKoil Natural Response

Beberapa Contoh TESTIMONI :

testimoni toko kasur paling murah - galleria furniture

>>> Silahkan Lihat Lebih Banyak TESTIMONI Galleria Furniture. KLIK DISINI..

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>