Betapa Penting Manfaat Tidur Untuk Lansia

Peran Penting Tidur bagi Kesehatan Lansia

Setiap manusia berapapun usianya memerlukan tidur malam yang cukup dan berkualitas, karena ternyata tidur merupakan salah satu syarat untuk memperpanjang kesempatan hidup dan dasar dari pertahanan hidup. Mereka yang memiliki kuantitas waktu tidur sekitar 7-9 jam memiliki kesehatan mental dan fisik yang lebih baik ketimbang mereka yang tidak memiliki waktu tidur yang kurang dari itu.

Bahkan peran penting tidur terhadap lansia jauh lebih banyak yaitu menjaga agar tubuh mereka terhindar dari berbagai penyakit serius seperti :
–     Depresi atau stress
–     Obesitas
–     Serangan jantung
–     Diabetes
–     Pikun (pelupa)

Namun ternyata pada masa lansia diketahui bahwa ada kecenderungan sering terbangun tengah malam atau tidur tidak pulas sehingga hanya tidur selama 6 jam setiap malam, bila hal tersebut juga terjadi pada keluarga Anda maka hal tersebut adalah sesuatu yang wajar, maka dari itu ada baiknya bila membalas kekurangan tidur malam itu dengan tidur siang selama 1-2 jam.

Dampak Negatif Kurang Tidur Terhadap Kesehatan Lansia

Tidur adalah bagian terpenting bagi kesehatan lansia baik secara mental maupun fisik. Bagi lansia yang kurang tidur akan berpotensi menderita berbagai masalah kesehatan seperti mengalami penurunan terhadap fokus, sering kebingungan,mudah kehilangan memori (ingatan), mudah merasa cemas dan gelisah.

Efek kurang tidur paling sederhana yang sering dirasakan oleh lansia adalah mudah marah hanya karena hal-hal yang sederhana, sulit mengingat nama anak atau cucu sendiri, sulit menghapal nomor telepon, mudah merasa lelah dan mudah jatuh. Sedangkan secara psikologis peran penting tidur terhadap lansia sangat terasa dimana mereka mudah mengalami gangguan stress (bi-polar), trauma, depresi, dan paranoid (ketakutan) tanpa alasan yang jelas.

Penyebab Lansia Mengalami Gangguan Tidur

Pada umumnya gangguan tidur yang terjadi pada lansia disebabkan oleh kondisi medis atau kesehatan yang dialami sebelumnya, pengaruh mengkonsumsi obat-obatan tertentu, atau pengaruh lingkungan sekitar. Gangguan tidur yang paling sering terjadi adalah ketidamampuan untuk memulai tidur dengan segera dan mempertahankan tidur pulas dalam waktu yang lama. Atau karena lingkungan sekitar yang bising atau cahaya yang telalu terang yang masuk kedalam kamar.

Masalah kurang tidur yang dialami oleh lansia menurut peneliti dihubungkan dengan dengan beberapa faktor yaitu :

  • Penurunan produksi hormon melatonin yang dapat memicu rasa kantuk dan tubuh yang perlu istirahat
  • Mengalami Insomnia (penyakit susah tidur)
  • Menderita Alzheimer yang dampak berdampak pada gangguan tidur karena kinerja otak yang menurun.
  • Mengkonsumsi obat yang sebenarnya untuk mengatasi penyakit hipertensi, glukoma, atau beberapa obat-obatan anti peradangan (inflamasi) yang dapat mengakibatkan Insomnia atau sering batuk dimalam hari, sehingga tidur menjadi terganggu (tidak nyenyak).

Mengingat peran penting tidur terhadap kesehatan lansia sangatlah berdampak besar maka ada baiknya bila Anda membantu mereka untuk melakukan beberapa hal agar bisa mendapatkan waktu tidur yang cukup, diantaranya adalah :

  • Mengarahkan mereka untuk tidur lebih awal
  • Menghindari menonton TV sepanjang malam
  • Hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein (kopi, teh atau soda)
  • Membatasi mengkonsumsi makanan yang pedas dan berlemak
  • Ganti lampu tidur yang lebih redup agar memancing mata untuk cepat terasa mengantuk
    Semoga informasi diatas dapat memberikan tambahan wawasan untuk Anda.

(Sumber : seniorhomes.com , helpguide.org )

Artikel Bermanfaat Lainnya Untuk Anda :

Lihat Juga :

Merek-Merek Spring Bed Best Seller Terbaik di Indonesia Dengan Harga DISKON

Elite Prestige

Kasur Spring Bed Elite Prestige

Elite Symphony

Tempat tidur anak bagus murah- elite symphony

Elite Continental

Kasur spring bed paling bagus elite continental