Beberapa Peran Penting Tidur Bagi Kesehatan Mental

Tidur memegang peranan penting bagi kesehatan, tak hanya bermanfaat bagi kesehatan saja tetapi juga bermanfaat bagi kesejahteraan sepanjang hidup selain itu banyak penelitian yang dilakukan untuk mengetahui peran tidur bagi kesehatan mental.

Kualitas tidur yang cukup dan pada saat yang tepat bermanfaat sekali untuk melindungi kesehatan mental, kesehatan fisik, kualitas hidup yang lebih baik dan juga keselamatan. Kualitas tidur seseorang sangat berpengaruh pada kesehatan dan mental seseorang. Tak hanya jam yang harus terpenuhi, akan tetapi juga harus mendapatkan kualitas tidur yang baik.  (* Baca Juga : Tips : Bagaimana Tidur Dapat Meningkatkan Kapasitas Otak Anda )

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, seseorang harus melakukan beberapa hal. Meski jam tidurnya cukup, tapi tidak diikuti dengan kualitas dari tidurnya tentu akan sangat berpengaruh pada fisik seseorang pada saat pagi harinya. Jika tidur seseorang dipenuhi dengan kegelisahan dan tidurnya tidak nyenyak tentu saat pagi hari badan seseorang menjadi lemas dan tidak berenergi.  (* Baca Juga : 4 Tips Untuk Tidur Nyenyak )

Tidur berkualitas adalah tidur nyenyak dengan jam tidur yang cukup. Hal yang dirasakan pagi hari saat terbangun dari tidur adalah tergantung pada pola tidur seseorang. Saat tidur, tubuh banyak bekerja untuk mendukung fungsi dari otak yang sehat dan tentunya menjaga kesehatan fisik. Tidur yang cukup dan berkualitas juga akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan bagi anak-anak dan remaja. (* Baca Juga : Bagaimana Tidur Dapat  Meningkatkan Kecerdasan Anak )

Kualitas tidur seseorang juga berpengaruh pada kondisi mental seseorang. Kebanyakan orang hanya tahu bahwa tidur yang cukup hanya mempengaruhi kesehatan saja, ternyata tidur yang cukup juga memiliki peran untuk kesehatan mental. Peran tidur bagi kesehatan mental adalah sebagai berikut :

1.   Otak Yang Sehat

Tidur yang baik akan membantu otak untuk bekerja dengan baik. Saat orang tidur, otak akan bekerja lebih aktif sehingga kalori di dalam tubuh akan terbakar. Selain itu, otak juga akan mempersiapkan untuk hari-hari berikutnya. Riset menunjukkan bahwa saat malam hari merupakan saat yang tepat untuk meningkatkan keterampilan belajar seseorang. Dengan tidur malam yang cukup dan berkualitas, akan membentuk otak yang sehat. Otak adalah pusat dari seluruh organ tubuh. Dengan otak yang sehat, mental manusia pun dapat lebih mudah terbentuk.

2.   Mengontrol Emosi

Tidur yang cukup di malam hari sangat bermanfaat bagi emosi. Riset membuktikan bahwa orang yang kurang tidur akan menyebabkan dirinya lebih emosional. Hal ini bisa diakibatkan oleh efek kelelahan tubuh. Artis pun banyak yang mengalami hal ini. Saat mereka pulang dari syuting sinetron stripping, saat di rumah mereka akan lebih emosional. Hal ini wajar, karena artis yang menjalani syuting stripping setiap harinya akan bergadang dan dilanda kelelahan yang amat sangat.

Penelitian juga menunjukkan bahwa kurang tidur dapat megubah aktivitas yang ada di dalam otak. Hal itu berdampak bagi kondisi mental seseorang seperti akan sulit untuk membuat sebuah keputusan, sulit memecahkan masalah, mengontrol emosi dan perilakunya dan meningkatkan depresi.

(Dirangkum dari : health.harvard.edu )

Artikel Singkat, Praktis, dan Bermanfaat Lainnya Untuk Anda : 

HEMAT Uang Anda :

Promo Sofa Dengan Harga Terjangkau

jual sofa amora bandung toko sofa murah bandung sofa mewah terjangkau bandung

Lihat Juga Produk Spring Bed Best Seller Kami :

kasur spring bed Airland Allegro Air matras spring bed Elite Dr.Smart kasur spring bed KingKoil Natural Response

Beberapa Contoh TESTIMONI :

testimoni toko kasur paling murah - galleria furniture

>>> Silahkan Lihat Lebih Banyak TESTIMONI Galleria Furniture. KLIK DISINI..