Bahaya Kurang Tidur Ancam Kesehatan Secara Umum | Toko Kasur Bandung

Jam tidur yang dianjurkan untuk seorang dewasa adalah 6-8 jam per malam. Memiliki jam tidur yang ideal tersebut berguna bagi kebugaran dan kesehatan baik fisik atau mental. Sebaliknya bila Anda mengalami kurang tidur dan hal tersebut berlangsung dalam jangka waktu panjang dapat meningkatkan sejumlah masalah pada kesehatan. Hal ini karena tidur mengambil peran penting untuk kesehatan tubuh. Setidaknya ada 5 penyakit yang senantiasa mengancam seseorang yang kurang tidur, yaitu:

1.      Penyakit Kardiovaskular

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa tidur memiliki peran penting untuk kesehatan. Salah satunya adalah dalam pemulihan dan perbaikan organ jantung. Tidur yang cukup diperlukan supaya jantung tetap terjaga sehat. Hal ini berarti seseorang yang kurang tidur lebih berisiko terkena penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung. Berdasarkan hasil studi diketahui seorang wanita usia di bawah 60 tahun yang memiliki waktu tidur kurang dari 5 jam berisiko 2 kali lipat terkena penyakit kardiovaskular. (* Baca Juga : Manfaat Penting Untuk Mencegah Stroke dan Menjaga Jantung Tetap Sehat )

2.      Kanker Payudara

Sebuah penelitian telah dilakukan di negeri sakura, Jepang. Penelitian tersebut melibatkan 24.000 orang wanita berusia antara 40 tahun sampai 79 tahun. Dari hasil penelitian tersebut didapati kesimpulan bahwa wanita yang tidur kurang dari 6 jam per malamnya berisiko terkena kanker payudara 62% lebih tinggi daripada wanita yang memiliki waktu tidur cukup.  (* Baca Juga : Kurang tidur meningkatkan kanker usus )

3.      Diabetes

Risiko lonjakan kadar gula dalam darah meningkat sebesar 9% pada penderita diabetes tipe II yang kurang tidur. Tidak hanya itu saja, kekurangan tidur juga memicu meningkatnya kadar hormon insulin sampai 30%. Tentu hal ini dapat berisiko cukup fatal bagi penderita diabetes. Oleh karena itu, penderita diabetes dianjurkan untuk tidak terlalu stress atau depresi agar dapat memiliki waktu tidur yang cukup. (* Baca Juga : Waspada ! Kurang Tidur Satu Malam Saja Dapat Meningkatkan Resiko Diabetes )

4.      Gangguan pada Kandung Kemih

Risiko gangguan pada kandung kemih juga mengancam seseorang yang memiliki waktu tidur kurang. Dari penelitian yang dilakukan pada 4.145 wanita dan pria dewasa didapati bahwa seseorang yang tidur kurang dari 5 jam per malam dan berlangsung selama 5 tahun meningkatkan risiko nokturial sebesar 80%-90%. Adapun yang dimaksud nokturial adalah kondisi kesehatan yang menyebabkan seseorang terbangun pada malam hari karena ingin buang air kecil.

5.      Kematian

Ancaman yang tidak kalah menakutkan adalah kematian. Ternyata ada hubungan yang nyata antara kurang tidur dengan meningkatnya risiko kematian. Sebuah studi telah dilakukan dalam waktu 10 tahun terhadapa 16.000 orang. Dari hasil penelitian tersebut diketahui bahwa seseorang yang berusia di bawah 45 tahun yang mengalami sulit tidur atau jam tidur kurang memiliki risiko kematian 2 kali lipat dibanding seseorang yang tidur cukup dan berkualitas. Hal ini dikarenakan adanya dampak negatif kurang tidur pada kesehatan. (* Baca Juga : Bagaimana Kurang Tidur Dapat Meningkatkan Kemungkinan Kecelakaan )

Artikel Singkat, Praktis, dan Bermanfaat Lainnya Untuk Anda : 

Promotion : 

HEMAT Uang Anda :

Promo Sofa Dengan Harga Terjangkau

jual sofa amora bandung toko sofa murah bandung sofa mewah terjangkau bandung

Lihat Juga Produk Spring Bed Best Seller Kami :

kasur spring bed Airland Allegro Air matras spring bed Elite Dr.Smart kasur spring bed KingKoil Natural Response

Beberapa Contoh TESTIMONI :

testimoni toko kasur paling murah - galleria furniture

>>> Silahkan Lihat Lebih Banyak TESTIMONI Galleria Furniture. KLIK DISINI..