Bahaya Insomnia Terhadap Kesehatan

Seyogyanya setiap orang memerlukan waktu istirahat yang cukup untuk memulihkan staminanya. Tak hanya mengembalikan energi tentunya, mereka pun harus mengistirahatkan setiap organ tubuh serta otak yang seharin bekerja. Hal tersebut ternyata juga ampuh menyehatkan kembali raga yang terlanjur letih ataupun kelelahan. Waktu istirahat setiap orang seharusnya tidaklah kurang dari 7 hingga 8 jam sehari tanpa gangguan yang terlalu signifikan.

Sayangnya beberapa orang tengah mengeluhkan kebiasaan tidur yang tak menyehatkan. Entah itu disebabkan oleh pola tidur yang salah hingga pekerjaan yang terlalu menuntut. Semuanya tetap mengakibatkan mereka harus merasakan waktu tidur yang sebentar. Terlebih bila di malam hari mereka memaksakan tidur di pukul 1 atau 2 dinihari. Keesokan paginya mereka dituntut berada di kantor atau melakukan aktivitas pada pukul 7 pagi. Tentu waktu tidurnya tak lebih dari 5 jam sehari.

Tanpa disadari, pola tidur yang tak menyehatkan ini menimbulkan banyak kerugian bagi mereka. Salah satunya adalah dari segi kesehatan yang terasa sangat signifikan dari hari ke hari. Lalu, apa sajakah penyakit yang biasanya ditimbulkan oleh kebiasaan buruk ini?

1.   Kesehatan terganggu

Beberapa ahli kesehatan melakukan penelitian secara terus menerus dan hasilnya membuktikan bahwa sekitar 90% penderita insomnia akan mengeluhkan masalah kesehatan serius. Resiko ini semakin diperparah dengan kebiasaan hidup yang tak sehat pula. Contohnya saja mengkonsumsi alkohol menjelang waktu istirahat.

Setidaknya, ada beberapa penyakit yang sering dikeluhkan, yaitu tekanan darah tinggi (hipertensi), serangan jantung, jantung kronis, gagal jantung, stroke hingga diabetes.

2.   Resiko terkena depresi

Gangguan emosional ternyata tak hanya disebabkan oleh permasalahan yang menumpuk, tetapi juga kurangnya waktu tidur di malam hari. Sebuah penelitian membuktikan bahwa seseorang yang kurang istirahat 5 jam dalam sehari selama 7 hari berturut-turut sangat rentan mengalami depresi akut. Mereka akan mudah marah, sedih, uring-uringan tak jelas bila ada suatu hal yang tak sesuai dengan rencana. Ada baiknya bagi Anda yang insomnia untuk memperhatikan kembali pola tidur sebagai lifestyle.

3.   Rusaknya keelastisan kulit

Coba perhatikan kondisi kulit Anda dalam beberapa hari terakhir ketika Anda mengalami insomnia? Apakah ada perbedaan signifikan yang cukup mengkhawatirkan? Umumnya para wanita akan lebih sensitif ketika mengetahui perubahan tersebut. Pasalnya kondisi kulit akan terlihat lebih pucat dan kusam karena kurangnya waktu tidur.

Seperti yang kita ketahui, waktu tidur yang kurang akan menimbulkan gurat-gurat halus di wajah. Selain itu, hormon stress (kortisol) yang dikeluarkan akan sangat berlebihan. Kondisi ini mengakibatkan kolagen terpecah dan mengurangi keelastisan serta kehalusan kulit wajah. Tak ayal kulit Anda kelihatan jauh lebih menyeramkan daripada sebelumnya dengan lingkaran hitam di bawah mata.

( Dirangkum dari : webmd.comhealthcommunities.commayoclinic.org )

Baca Juga Artikel Bermanfaat Lainnya Untuk Anda :

HEMAT Uang Anda :

Promo Sofa Dengan Harga Terjangkau

jual sofa amora bandung toko sofa murah bandung sofa mewah terjangkau bandung

Lihat Juga Produk Spring Bed Best Seller Kami :

kasur spring bed Airland Allegro Air matras spring bed Elite Dr.Smart kasur spring bed KingKoil Natural Response

Beberapa Contoh TESTIMONI :

testimoni toko kasur paling murah - galleria furniture

>>> Silahkan Lihat Lebih Banyak TESTIMONI Galleria Furniture. KLIK DISINI..

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>