Article-SmartKids

Bagaimana Tidur Dapat Meningkatkan Kecerdasan Anak

Ingin Anak Anda Memiliki Prestasi Lebih Tinggi Di Sekolah ? Ini Salah Satu Pendukung Paling Mudah, Murah, dan Sehat

Baru-baru ini, pada British Medical Journal, ada sebuah laporan berdasarkan sebuah studi yang mendemonstrasikan hubungan antara tidur dengan perkembangan otak pada anak-anak. Hal ini disebut sebagai Millenium Cohort Study, yang diikuti oleh 11.000 anak-anak.

Anak-anak yang memiliki jadwal tidur yang tidak teratur sampai dengan usia 3 tahun terpengaruh secara negatif dalam kemampuan membaca, matematika, dan bangun ruang. Ketika diikuti lagi, keadaan ini akan terus berlanjut sampai dengan usia 7 tahun. Dimana pengaruh negatif ini akan lebih terasa pada anak perempuan dibandingkan dengan laki-laki. Para peneliti menyimpulkan bahwa usia awal sampai dengan 3 tahun merupakan masa-masa sensitif tidur dan hubungannya dengan perkembangan otak.

Penemuan ini memiliki hasil yang serupa dengan penelitian di Canada yang dipublikasikan pada jurnal yang bernama Sleep pada tahun 2008. Studi ini menemukan bahwa anak-anak yang tidur kurang dari 10 jam setiap malam sebelum usia mereka 3 tahun memiliki resiko lebih tinggi untuk mengalami masalah dalam belajar bicara dan membaca.

Apa yang dicoba dipelajari oleh para ahli adalah hubungan antara tidur dan Neuroplasticity. Neuroplasticity merupakan perubahan struktur dan fungsi pada otak yang disebabkan oleh pola latihan dan pengalaman. Hal ini merupakan kemampuan otak untuk berubah dengan cara meningkatkan jaringan (tissue) pada otak yang disebut dengan grey matter, dan untuk mengubah sirkuit otak yang disebut dengan synapses.

Para peneliti mengetahui bahwa orang dewasa mampu untuk melakukan perubahan ini, tetapi pada skala yang lebih kecil. Rupanya periode paling krusial bagi perkembangan otak adalah pada 3 tahun pertama dari usia seseorang.

Mengapa Anak Anda Perlu Tidur Cukup Setiap Malam ?

Lebih lanjut, para peneliti mengetahui bahwa anak-anak memiliki waktu tidur yang cukup lama dalam tahapan tidur yang disebut dengan slow wave (deep) sleep. Penelitan-penelitian terakhir telah berhasil menemukan kaitan antara slow wave sleep dengan perkembangan otak. Bahkan, dengan beberapa metode scan pada otak berhasil didemonstrasikan  bahwa area regional tertentu dari otak yang menerima slow wave sleep menunjukan peningkatan pertumbuhan dan peningkatan dalam respons.  REM ( Rapid Eye Movement) sleep juga merupakan tahapan tidur yang penting dan memainkan peranan yang besar untuk pengembangan bagian dari otak yang berkaitan dengan kemampuan visual.

Lalu apa pesan yang dapat diambil dari beberapa penelitian ini ? Tidur merupakan hal yang sangat penting bagi perkembangan otak pada bayi dan anak-anak lebih dari yang kita sadari dan pahami selama ini. Oleh karena itu sangatlah penting bagi Anda sebagai orang tua untuk memastikan agar anak-anak Anda tercinta mendapatkan kualitas dan kuantitas tidur yang cukup. Karena masa depan anak Anda mungkin bergantung dari bagaimana kebiasaan tidur yang mereka miliki sejak balita.

Sumber : www.springbedmurah.info , www.everydayhealth.com

Silahkan Lihat Koleksi Tempat Tidur Anak Dengan Harga DISKON :

Lihat Juga Aneka Spring Bed Lainnya Yang Baik Untuk Tidur Nyenyak Anda Setiap Malam :

 

 Airland – The Sleep Expert  Elite
Harga KAsur Airland Murah Jual Elite Spring Bed Murah

Untuk Melihat DISPLAY dari berbagai macam tempat tidur, spring bed, dan macam-macam produk furniture dengan HARGA TERJANGKAU, kami mengundang Anda untuk datang ke Showroom Kami di :

  • Alamat : Jl. Jend. A. Yani. No. 598 – 600. Bandung.
  • PIN BB : 276494FC dan 29E84589
  • Telp : (022) -720 8300 / 0821 285 37731

Terima kasih telah mengunjungi situs ini. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin tidur nyenyak dan sehat setiap malam. Kami tunggu Anda di Galleria Furniture Bandung…